ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

James Naismith, pencipta olahraga basket (Source: SkySports)

Di sejumlah negara, basket mulai dapat tempat tersendiri di hati masyakarat, termasuk di Indonesia. Kita bisa memainkan basket di manapun, saat di sekolah maupun saat berlatih di rumah. Yang berjasa melahirkan olahraga ini adalah James Naismith. Siapa dia? Yuk simak profilnya di bawah ini.

Guru Olahraga di Amerika Serikat, tapi Lahir di Kanada

Siapa sangka penemu olahraga basket adalah guru olahraga dari Sekolah Pelatihan Internasional YMCA di Springfield, Massachusetts, Amerika Serikat. Namanya adalah James Naismith.

Ia lahir pada 6 November 1861 di Ontario, Kanada. Naismith muda memiliki minat lebih terhadap olahraga. Berkat kepiawaiannya, Naismith sudah menjadi instruktur pendidikan olahraga di Universitas McGill di Montreal pada usia 26 tahun sebelum akhirnya memutuskan untuk pindah ke Amerika untuk menjadi guru olahraga.

 

Tercipta karena Selingan dan Kebosanan Muridnya Saat Musim Dingin

Sekolah tempat Naismith mengajar terkenal memiliki tim atletik yang berprestasi dan disegani. Namun mereka memiliki satu masalah. Setiap musim dingin, suhu terlalu dingin untuk melakukan latihan di luar ruangan, dan ini berpotensi membuat para siswa gagal menjaga kebugaran.

Kepala pendidikan olahraga disana meminta Naismith tetap melatih para atlet di ruangan tertutup atau indoor. Naismith lalu berpikir bagaimana menyajikan materi latihan dengan cara yang menyenangkan. Ia lalu memutuskan untuk membuat games.

Games yang ingin dibuat Naismith adalah yang tidak mengandung unsur kasar untuk menjaga fisik para atlet agar tetap bugar dan harus mementingkan kerjasama tim. Ia lalu menganalisis berbagai olaharaga yang ada di Amerika seperti rugby, American football dan juga sepak bola. Ia ingin permainan ini juga memiliki unsur bola sebagai medianya.

Demi menghindari cedera karena berlari saat membawa bola, Naismith juga menentukan bahwa melempar bola untuk mengoper adalah satu-satunya opsi. Dan untuk lebih memastikan keamanan, Naismith mengatur agar gawang alias sasarannya tidak bisa dijaga oleh siapapun, dengan cara ditaruh di atas ketinggian.

 

Pertama Kali Menggunakan Bola Sepak

Setelah sekian lama menjadi materi latihan para atlet, permainan bola tangan ciptaan Naismith ini akhinya dipertandingan pertama kali pada bulan Desember 1891. Saat itu bola basket belum diciptakan maka dari itu mereka memakai bola sepak untuk dimainkan.

Awalnya satu skuad dalam basket tidak berjumlah 5 orang, tapi 9 orang. Sebab, saat itu lapangan yang digunakan cukup luas. Cara dribble juga belum diciptakan sehinga permainan ini hanya memanfaatkan passing.

Dribble baru tercipta ketika para pemain mengakali permainan dengan mengoper bola kepada dirinya sendiri dengan memantulkannya ke lantai.

Kurang dari setahun kemudian, permainan basket menjadi begitu populer di Sekolah YMCA, dengan sebutan "permainan baru".

Sempat ada usulan untuk menyebutnya "Bola Naismith", namun Naismith menolak. Pada 1893 permainan basket mulai diperkenalkan kepada dunia, dan kini telah menjadi olahraga paling populer di Amerika Serikat dan banyak negara lain.

Pada Agustus 1936, saat menghadiri Olimpiade Berlin 1936, ia didaulat sebagai Presiden Kehormatan Federasi Bola Basket Internasional. Terlahir sebagai warga Kanada, ia menjadi warga negara Amerika Serikat pada 4 Mei 1925. Naismith meninggal dunia 28 November 1939.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (1)