ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Russel Westbrook Jump Shot (Source: Lightning Report)

Ada banyak teknik tembakan dalam olahraga basket. Kali ini kita akan membahas salah satu trik shooting yang bisa digunakan semua tipe pemain. Namanya jump shot.

Jump shot biasanya digunakan ketika pemain yang ingin melakukan shooting mendapat gangguan dari lawan. Hal itu menyebabkan bola yang akan ditembakkan berpotensi diblok lawan.

Melalui jump shot, pebasket dapat bisa melakukan shooting sambil melompat untuk menghindari ancaman blok lawan.

Berikut sejumlah tips yang bisa dilakukan saat jump shot:

Perkuat Tumpuan

Saat membawa bola atau setelah dari rekan se tim, pastikan tumpuanmu kuat sebelum melakukan shooting. Usahakan keadaan tubuhmu seimbang agar shooting yang akan dilesatkan bisa tepat sasaran.

Melompat dengan Spontan

Semakin tinggi vertical jump yang bisa kamu lakukan, semakin sulit pula lawan melakukan block shot. Lakukan lompatan secara tiba-tiba untuk memberikan efek kejut kepada lawan. Jangan lupa, saat melakukan lompatan, tetap lah fokus ke target.

Tentukan Timing Shooting

Waktu shooting terbaik adalah ketika kamu merasa dalam posisi tertinggi pada lompatanmu. Dalam hal ini dasar melakukan shooting yang baik menjadi penentu apakah bola akan masuk ke dalam ring atau tidak. Maka dari itu, kamu harus mengasah kemampuan shooting-mu ya.

Agar penjelasan di atas semakin lengkap, kamu bisa tonton video tricky tricks di bawah ini. Prakteknya akan diperagakan langsung oleh salah satu mantan pemain DBL All-Star, Arlan Sitorus. Selamat mencoba!(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)