ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Anthony Davis Block Shot (Source: Bleacher Report)

Menjadi seorang bigman atau pemain berposisi center pada permainan basket modern ini memang harus lengkap. Para bigman diharuskan untuk bermain baik dalam menyerang maupun bertahan. 

Untuk urusan bertahan para seorang bigman seringkali menjadi benteng terakhir untuk mengagalkan serangan lawan. Mereka seringkali melakukan block shot untuk menghalau bola yang akan dilesatkan lawan ke ring.

Namun, seringkali pada saat melakukan block shot, para bigman malah tak menemui sasaran atau terganjar foul karena tak sengaja memukul tangan lawan. Tentunya hal itu bisa menjadi suatu kerugian bagi tim.

Nah, berikut ini terdapat beberapa tips untuk melakukan block shot yang tepat. Pada akhir artikel juga akan terdapat video tricky tricks yang bisa kamu tonton untuk semakin memperjelas penjelasan pada artikel ini. Selamat menyimak!

1. Latih lompatanmu

Untuk melakukan block shot pastinya kamu harus memiliki lompatan yang tinggi. Untuk para pemain bigman atau center mungkin hal ini bukan menjadi satu masalah yang besar karena mereka memiliki postur yang tinggi.

Vertical jump yang tinggi akan sangat berguna bagi para pemain forward atau small man yang sedang berada pada garis terakhir defense. Jika ingin melakukan block shot pastikan lompatanmu tinggi untuk bisa menggapai bola yang akan dilesatkan.

Arah lompatan yang baik adalah ke atas bukan ke depan atau ke samping. Hal ini menjadi salah satu penentu agar kamu bisa menggapai bola dari tangan lawan. Menghindari lompatan kedepan juga akan meminimalisir foul.

 

2. Lakukan hands up 

Cara lain untuk terhindar dari foul adalah dengan melakukan hands up. Hands up pada saat melakukan defense akan menunjukan kepada wasit kalau dirimu tidak melakukan gangguan terharap fisik lawan. Dengan melakukan hands up, kamu juga bisa mengambil ancang-ancang sebelum melakukan block shot

 

3. Perhatikan timing dan arah gerakan lawan

Oleh karena pertandingan basket dilakukan sepanjang 4 kuarter, biasanya pada kuarter pertama, para bigman mengamati pergerakan lawannya.

Bagaimana kecepatannya dan timing-nya saat berupaya melakukan point. Setelah itu di kuarter selanjutnya barulah para bigman beraksi setelah membaca pergerakan lawan di kuarter sebelumnya.

Selain membaca arah gerakan lawan timing yang tepat juga harus diperhatikan untuk melakukan block shot. Jangan mudah terpengaruh pemain lawan yang seringkali melakukan fake shot.

Agar tips di atas lebih jelas, kamu bisa tonton video tricky tricks di bawah ini!

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY