ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Kemampuan men-dribble bola seorang pemain harus dibarengi dengan kemampuan mereka mengontrol bola. Dilansir dari Stack, berikut 5 tips agar kalian bisa meningkatkan kontrol bolamu dengan baik.

1. Kontrol ujung jari

Banyak pemula yang salah saat pertama kali belajar dribble. Mereka menggunakan telapak tangan untuk mendribble. Padahal, men-dribble bola menggunakan jari membuat kalian lebih gampang untuk mengontrol bola.

2. Basketball Awareness atau Kesadaran akan posisi bola

Meskipun sedang tidak men-dribble atau membawa bola sekalipun, seorang pemain butuh kemampuan membaca situasi bola. Bahkan tanpa melihatnya. Ini penting agar seorang pemain tahu dan mampu bereaksi dengan baik saat membaca serangan maupun pertahanan lawan.

3. Dribble Progressions

Seorang pemain harus betul-betul menguasai bola saat melakukan dribble. Oleh karena itu, kalian harus terus berprogress saat melakukan dribble. Dari yang awalnya melihat bola, lalu berkembang dengan men-dribble tanpa melihat. Lantas lanjutkan dengan men-dribble tanpa melihat sambil berjalan dan melihat situasi di sekitarmu.

4. Bereaksi dengan bola

Men-dribble di sebuah pertandingan tentu akan membuatmu mendapat gangguan dari lawan. Karena itu kemampuan bereaksi dengan bola sangat dibutuhkan.

Kalian bisa melatihnya dengan men-dribble bola menghadap ke temanmu. Lantas temanmu memberi aba-aba secara tiba-tiba untuk maju, mundur, atau bergerak ke kanan atau ke kiri.

5)Berlatih jadi Point Guard

Dribble bola dari tengah lapangan di sisi kanan. Lantas mendekatlah ke arah ring disambung dengan layup. Setelah layup lakukan rebound. Lantas lakukan hal sama di sisi berbeda lapangan.

Latihan ini bisa membuatmu belajar untuk mengontrol bola sambil melihat situasi pertandingan. Inilah kemampuan yang dibutuhkan seorang point guard.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY