ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Jesslyn Angelique, Pemain Honda DBL Indonesia All-Star 2019 (Foto: Dika Kawengian/DBL Indonesia)

Pandemi coronavirus membuat banyak tim basket sekolah yang harus menunda untuk persiapan musim baru Honda DBL nanti. Kebanyakan mereka melakukan latihan di rumah.

Sayangnya, tidak semua pemain basket pelajar memiliki bola basket di rumahnya. Hal ini sebenarnya tidak bisa menjadi halangan untuk tetap berlatih di rumah. Ada beberapa drill yang bisa kamu lakukan walaupun tidak menggunakan bola basket.

Penasaran apa aja? Yuk simak beberapa latihan di bawah ini.

Crossover Without Ball

Latihan ini merupakan trik saat melakukan dribble. Trik ini disebut crossover, di mana memerlukan kemampuan dribble yang mumpuni serta kecepatan.

Akan tetapi, kali ini kita akan belajar bagaimana menentukan tumpuan yang tepat saat kamu melakukan crossover. Karena gerakan ini termasuk gerakan yang eksplosif, penggunaan tumpuan yang tepat bisa menghindarkanmu dari risiko cedera.

Vertical Jump

Jangan salah, vertical jump sangat penting ketika kamu berada dalam sebuah pertandingan. Drill ini tidak banyak berguna bagi center, tapi baik juga untuk semua posisi pemain. Latihan ini sangat simpel. Kamu bahkan bisa melakukannya di kamar.

Latihan ini bisa kamu lakukan dengan cara jinjit untuk memperkuat telapak kaki dan juga otot betis. Setelah itu, kamu bisa melakukan lompatan dengan satu kaki. Jangan lupa, untuk melakukan vertical jump yang bagus, kamu harus memperkuat otot perut dengan melakukan sit-up atau squat.

Defensive Footwork

Latihan basket rasanya tak lengkap jika tidak melakukan drill defense. Latihan ini akan memberikan kamu pemahaman tumpuan yang baik saat bertahan. Kamu bisa melatih kecepatan dengan melakukan slide sambil memosisikan tangan ke atas.

Hal ini untuk melatih kecepatan dan konsentrasimu. Kamu bisa melakukan latihan ini di halaman rumah. Jika dilakukan dengan rutin, dijamin defense kamu akan sulit dilewati lawan.(*) 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY