ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Musim 2019 menjadi salah satu torehan positif yang diraih SMAN 1 Jogjakarta. Tim putra Teladan--sebutannya berhasil lolos ke babak playoffs. Padahal mereka dihuni banyak pemain yang baru memulai basket dari nol. Hal inilah yang diutarakan oleh coach Agung Budi Raharjo.  

"Evaluasinya lebih ke mental. Mereka sempat down ketika kalah dengan SMA Muhammadiyah 1 Jogjakarta, meskipun akhirnya kami lolos ke playoffs. Walau demikian saya tetap bangga. Meski kalah di playoffs mereka bisa keluar dari lapangan dengan kepala tegak,” ujar coach Agung.

Untuk tim putri, coach Agung mengungkapkan ada sembilan pemain musim lalu yang akan bertanding kembali musim ini. Pemain-pemain tersebut juga pernah mengikuti berbagai kompetisi. Baik tingkat lokal maupun nasional. Tujuannya untuk meningkatkan jam terbang, dan membuat pemain lebih percaya diri.

Tak hanya itu, dari segi fundamental, coach Agung mengungkapkan jika ia memberikan drill khusus. Beberapa simulasi yang dilakukan berkaca dari beberapa situasi di lapangan. Harapannya, anak asuhnya bisa lebih cepat mengambil keputusan. Karena, basket membutuhkan pemain yang mampu membuat keputusan sepersekian detik.

CContohnya Guard. Dia fokus bagaimana bola itu bisa dialirkan ke seluruh lapangan. Lalu forward, dia lebih ke cara menusuk ke sisi dalam pertahanan lawan. Lalu center, dia berlatih rebound, baik untuk mencetak poin dari bawah ring atau mengalirkan bola untuk fastbreak,” jelas coach Agung.

Dari beragam drill yang ia lakukan, pasukannya sudah menunjukkan progres positif dari hasil kerja keras selama latihan. Kemampuan anak asuhnya untuk mencetak angka dari berbagai posisi mulai terlihat. Bahkan persentasenya berada dikisaran 40 hingga 60 pesen per pertandingan. Baik melawan alumni maupun tim lainnya.

"Harapan saya pribadi, jangan sampai mereka menangis karena kalah. Sebab, jika mereka menyesal, usaha mereka selama ini menjadi sia-sia. Oleh karena itu, menurut saya, kemenangan adalah hak para pemain. Sedangkan kekalahan adalah tanggung jawab pelatih,” tegas coach Agung.(*)

Yuk beli kaus 'DBL Region' dari Mainbasket untuk Bersatu Saling Bantu Penanganan COVID-19. Selengkapnya klik banner di bawah ini...

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY