ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

(dokumen pribadi)

Youtuber sekaligus selebgram asal Yogya, Vania Valencia berbagi tips tentang cara memulai membuat konten untuk para DBL Lovers yang ingin mulai berkarya sebagai seorang Youtuber.

"Mulai coba-coba jadi Youtuber itu bisa jadi opsi kegiatan yang kamu pilih ketika saat ini semua aktivitas lebih banyak dilakuin dirumah," ujar alumni SMA Stella Duce 1 Jogja itu.

Menurut Vania, hal pertama yang mesti dilakukan adalah menentukan ide. Pencarian ide itu enggak perlu dibikin ribet, dimulai dengan menentukan ide yang sesuai dengan passion atau hobi.

"Misalnya kamu suka basket, bikin aja ide konten tentang basket. Kalo suka masak, coba bikin video yang informatif tentang resep-resep makanan. Buat cewek-cewek kalo suka make up, kalian bisa kok bikin video review tentang skin care atau tutorial make up," jelasnya.

Langkah selanjutnya adalah tentang eksekusi konten. Vania menyebutkan bahwa setiap konten harus punya kualitas dan tentu konsisten. 

"Bikin konten yang konsisten. Misalnya kontennya ngobrol sama pemain basket, konten itu harus dibikin berseri. Artinya kita jangan sekali bikin aja, tapi berkelanjutan, dan harus di setiap konten itu ada guest star yang berprofesi sebagai pemain basket yang kita ajak ngobrol," tambah Vania. 

Setelah dua hal itu dilakukan, seseorang yang ingin menjadi Youtuber perlu menemukan ciri khas dari kontennya. Ciri khas akan membuat seorang Youtuber mudah dikenal oleh netizen. 

"Soalnya sekarang banyak banget yang jadi Youtuber. Jadi ciri khas itu penting dari sebuah konten. Mencari ciri khas itu bisa dari banyak hal, kalau aku selain dari konten, editing video juga punya kekhasannya sendiri," katanya.

Terakhir, alat. Jika ingin jadi Youtuber berarti harus punya alat yang bisa merekam video. Kalo enggak ada kamera, handphone pun bisa dipake kok. 

"Sekarang take video bisa pake handphone juga kok. Asal, teknik pengambilan gambarnya harus bagus. Jangan asal-asalan. Orang bakal nonton video kita kok, kalau kualitas video kita bagus!" semangat Vania.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (1)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY