ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Free throw merupakan salah satu peluang yang sangat bagus untuk memperlebar atau memperkecil margin poin. Hal inilah yang dilakukan dengan baik oleh Melisa Erika. Skuad Honda DBL Indonesia All-Star 2019 dari SMA Gloria 1 Surabaya ini memiliki presentase free throw yang sangat baik.

Pada seri Jawa Timur musim 2019 lalu, Melisa berhasil menceploskan 14 dari total 27 tembakan yang diperoleh. Baik dari north region maupun championship series. Hal ini menjadikannya sebagai salah satu deadeye shooter atau penembak jitu dari garis free throw.

Pemain yang mencetak 76 poin dari delapan laga ini membeberkan beberapa tips yang bisa membuatmu lebih tajam saat free throw. Apa aja sih?

1. Repetisi Latihan Menembak
Hal pertama yang wajib dilakukan agar tajam saat free throw adalah melakukan repetisi latihan menembak. Dengan semakin sering menembak, maka kamu akan mendapatkan feel dan bisa meningkatkan akurasi tembakanmu.

"Dalam satu sesi latihan free throw bisa lebih dari 20 kali tembakan. Nah, biasanya saat melakukan tembakan, aku dipantau oleh coach. Jadi aku tahu apa yang kurang biar lebih akurat," ujar pemain 17 tahun tersebut.

2. Form Menembak
Selain BEEF (Balance, Eyes, Elbow dan Follow-through), hal yang tidak boleh dilewatkan adalah membuat form menembak yang bisa membuat kamu makin nyaman.

Dengan cara ini, kamu akan menemukan bagaimana cara agar tembakanmu lebih akurat. Untuk bisa mendapatkannya kamu harus sering shooting ya!

"Kalau aku biasanya kaki kanan lurus dengan ring. Lalu mata juga tertuju ke ring. Bukan ke papannya. Ini caraku kalau menembak," tambah Melisa.

3. Buat Tubuh Relaks
Yang tak kalah penting adalah membuat tubuh sesantai mungkin. Apalagi atmosfer Honda DBL yang panas bisa membuat pemain gugup. Bahkan shooter yang andal pun kalau gugup bisa mengurangi kansn masuknya tembakan yang dilesakkan.

"Waktu sebelum menembak, aku selalu atur napas dulu. Melemaskan tubuh biar tidak kaku dan tegang. Baru mulai melakukan tembakan. Trik ini cukup ampuh buat bikin lebih tenang\, apalagi di laga yang ketat," tutur Melisa.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY