ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Honda DBL 2017 menjadi tahun pertama dan terakhir Adelaide Callista berlaga bersama SMA St. Albertus Malang. Pada tahun itu juga, ia berhasil lolos ke Honda DBL Camp dan menjadi skuad Honda DBL Indonesia All-Star.

Tak hanya itu saja, Ledi--sapaan akrabnya-- merupakan pemain langganan Timnas Indonesia. Bahkan, meski di usianya yang masih belia, Ledi sudah bermain dengan seniornya.

Sebut saja seperti Henny Sutjiono, kapten tim nasional basket Indonesia di Sea Games 2019 lalu yang juga merupakan alumnus Honda DBL Indonesia All-Star.

Ledi bercerita bahwa Dempo punya peran yang besar untuk kariernya. Di sana dia diajarkan untuk disiplin dan berkomitmen tentang pilihannya.

"Kebetulan kan Dempo ini sekolah katolik, jadi masalah disiplin benar-benar ketat. Nggak memandang bulu siapa siswanya. Meskipun atlet pun kalau nilainya jelek akan remedi," ujarnya.

Dari sinilah Ledi belajar tentang komitmen terhadap pilihannya. Dia juga disiplin dalam mengatur waktunya dalam basket maupun akademik.

Tak jarang juga, Ledi bertanya ke teman-temannya jika dia tertinggal pelajaran. Bahkan, dia juga sering melakukan kuis dan tes sendiri untuk mengejar ketertinggalannya. 

Selain itu, Honda DBL Camp juga punya peran besar untuk peningkatan kemampuan Ledi. Meski hanya satu kali, Ledi merasa bahwa pelatih dari World Basketball Academy Australia punya peran penting dalam peningkatan kemampuannya.

"Selain dapat skill, kita juga diajarkan untuk konsisten. Gimana caranya dalam beberapa hari camp itu penampilan kita harus stabil, bahkan cenderung naik. Nggak boleh turun. Sekalinya turun ya bisa dicoret," tambahnya.

Kebiasaan-kebiasaan inilah yang terbawa oleh Ledi hingga level professional. Ledi terbiasa menjaga performanya tetap stabil. Baik melalui latihan maupun nutrisi yang masuk ke tubuhnya.

Ia pun berpesan kepada para pemain Honda DBL untuk tidak takut capek. Semakin mudah menyerah, maka temanmu akan menyalip satu langkah. 

"Yang tak kalah penting adalah mental dan emosi. Kalau bisa kontrol ini, aku yakin kamu akan makin siap bermain di jenjang selanjutnya," pesan Ledi. (*)

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)