ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

(Foto: NBA)

Salah satu strategi permainan paling lama di basket adalah pick n roll. Di belahan bumi manapun, pick n roll akan menjadi cara bermain yang paling dasar diajarkan dan memiliki banyak pengembangan.

Dalam prosesnya, salah satu pengembangan yang kerap dilakukan oleh tim adalah pick n pop, mengikuti perkembangan basket yang semakin aktif di belakang garis tripoin.

Ada berbagai macam cara untuk mengantisipasi dua serangan ini dan salah satunya adalah ganti jaga atau yang dikenal dengan switch. Seperti arti katanya, strategi pertahanan ini berarti adalah pemain yang menjaga ball handler dan pemain yang menjaga roller/popper melakukan tukar penjagaan.

Namun, dalam prosesnya, pertukaran ini sering membuat adanya waktu atau langkah tertinggal dari masing-masing pemain yang bertahan. Hal ini sering disebut sebagai rotasi yang terlambat.

Dengan ini, biasanya akan ada bantuan lain dari area weak side yang membuat satu pemain lawan lain akan dalam kondisi yang sangat kosong dan dengan mudah melepaskan tembakan.

Mengantisipasi terjadinya rotasi yang terlambat ini, muncullah strategi bertahan lain yang bernama X-Out Switch. Konsep dasarnya sama, bahwa ada pertukaran jaga pemain. Akan tetapi, yang melakukan pertukaran bukanlah mereka yang menjaga dua pemain pelaku pick n roll/pop.

Sesuai namanya, switch yang dilakukan akan berbentuk X dengan pemain di weak side akan mengambil roller/popper sedangkan yang menjaga roller/popper akan menjaga pemain yang bebas di weak side. Pertukaran ini cukup mengantisipasi gap langkah dan waktu yang terjadi dalam proses switch.

LeBron James adalah pemain yang paling sering terlihat menggunakan strategi ini. Di dua tim terakhir yang ia bela, Cleveland Cavaliers dan Los Angeles Lakers, strategi ini kerap terlihat dalam kondisi seperti yang dijelaskan di atas.

Cara ini terbukti cukup berhasil dalam pertandingan pertama Lakers lalu melawan Los Angeles Clippers. X-Out Switch berhasil menutup celah yang terbuka akibat terjadinya pergantian jaga.

Berikut video yang menjabarkan proses X-Out Switch yang dilakukan LeBron dan penjabaran yang dilakukan secara sederhana. Selamat berlatih! (*)

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY