ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Preview Penyisihan DBL 2021 South Sumatera Series

Gengsi Derby Palembang, Nexat-Five Incar Kemenangan di Laga Perdana

Hakiki Tertiari - 05 March 2021

Duel tim sekota bakal jadi rangkaian pembuka DBL 2021 South Sumatera Series hari ini (5/3) di GOR Dempo Jakabaring Sport City, Palembang. Yaitu antara SMAN 1 Palembang kontra SMAN 5 Palembang. Partai ini jadi pembuktian tim mana yang layak melangkah ke fase selanjutnya.

Secara rekam sejarah, Nexat (julukan SMAN 1) memang bisa lebih diunggulkan. Sebab, dari empat musim terakhir keikutsertaan tim besutan Yobet Hendicko ini, mereka pernah mencicipi semifinal pada musim 2018 lalu. Sementara di tiga musim lainnya, Nexat harus angkat koper lebih dini. Apalagi untuk tahun 2017 dan 2019 kemarin mereka gagal di babak awal.

Di sisi lawan, Five (julukan SMAN 5) kerap dibayangi cerita kelam soal laga perdananya. Dari empat tahun terakhir, tim asuhan Two Bagus Anugrah ini hanya berhasil lolos dari jeratan babak awal yaitu pada DBL seri Sumsel tahun 2019. Sisanya, pada musim 2016 hingga 2018, mereka harus menerima pil pahit dari lawannya di laga awal.

Dengan catatan itu, tentu kedua tim tidak ingin kehilangan momentum. Bagi coach Yobet, menang merupakan harga mati. Ia tahu betul bagaimana proses yang dijalani tim asuhannya, hingga begitu percaya diri untuk kembali berlaga di DBL musim ini. “Pemilihan tim cukup berbeda untuk musim ini, kami datang dengan materi baru,” ujarnya.

Jika melihat roster Nexat, coach Yobet banyak memboyong para pemain rookie. Tapi, ia tak mempermasalahkan soal itu. Buatnya, pembuktian semuanya ada di lapangan hari ini. Dirinya bakal memberi kebebasan pada anak didiknya di lapangan nanti.

"Kami akan lebih banyak coba membuka peluang. Baik di luar area maupun di dalam,” tegasnya. Sementara itu, pelatih Five, Two Bagus Anugrah, juga bakal memaksimalkan pemainnya. Tak jauh berbeda dari lawannya, materi Five musim ini juga sudah dibentuk cukup lama.

Bahkan, pelatih berusia 28 tahun itu juga sudah rutin melakukan scrimmage baik antar internal tim maupun sekolah lain. Tujuannya adalah supaya atmosfer pertandingan bisa terbentuk di para pemainnya. “Dengan sparing setidaknya mereka tetap punya kompetitif yang kuat,” ucapnya. Dirinya juga menegaskan, untuk musim ini anak didiknya juga lebih percaya diri menghadapi lawan.

Soalnya, bisa dipastikan hampir seluruh skuad Five yang berlaga hari ini berbeda dari musim sebelumnya. Regenerasi tiap tahunnya memang selalu dilakukan oleh coach Two Bagus. “SMAN 5 tahun ini banyak perubahan, karena setiap tahun generesi berbeda,” paparnya.

Ia berharap semua persiapan matang timnya bisa berjalan degan baik. “Fokus dan tenang, kunci utama biar apa yang dikasih, mereka bisa memahami di lapangan,” pungkasnya. Laga sore hari ini bisa disaksikan secara live streaming hanya di kanal YouTube DBL Play atau aplikasi DBL Play mulai pukul 14.30 WIB. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY