ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Lebron James (kanan) bersepeda santai (source: USA Today)

Siapa bilang anak basket harus latihan di lapangan aja? Nggak juga tuh. Ada juga olahraga yang santai tapi banyak manfaatnya loh. Salah satunya dengan bersepeda. Ternyata, selain nambah mood bersepeda juga bisa bisa ningkatin skill basket kamu loh.

Dikutip dari BallnRoll, pemain NBA seperti Lebron James, Demar Derozan, atau DeMarcus Cousins juga memasukkan sepeda sebagai salah satu olahraga mereka. Dalam waktu 20 menit bersepeda, dengan menggunakan resistansi sedang, akan membantu meningkatkan detak jantung kalian sekitar 60 persen.

Apalagi, beban ketika bersepeda tidak terlalu berat. Berbeda dengan latihan di gym dengan metode angkat beban. Pastinya, nggak membebani bagian sendi lutut, pergelangan kaki, dan kaki kalian.

Selain itu bersepeda dengan rutin paling tidak tiga kali dalam seminggu, juga sangat bisa membantu kalian untuk membakar fat dalam tubuh, supaya kalian lebih eksplosif di lapangan. Andrew Hamilton seorang peneliti sekaligus penulis bidang olahraga dari Inggris dalam artikelnya menuliskan, bersepeda juga membantu tingkatkan VO2 Max kalian.

Artinya, selain detak jantung, stamina dan ketahanan tubuh kalian ketika bertanding di lapangan juga akan sangat berpengaruh. Adapun tinjauan studi dari Universitas Texas soal efek gowes buat VO2 Max ini. Bersepeda berada satu poin di bawah berlari dan lebih baik ketimbang berenang.

“Bahwa lari memiliki efek positif terbesar dan berenang paling sedikit, dengan bersepeda di peringkat tengah,” tulis Andrew. George Dintiman, salah satu pakar pelatihan kecepatan juga menganjurkan bersepeda untuk meningkatkan speed di lapangan. Hal itu dikarenakan gerakan menggenjot sepeda, punya dampak baik buat kecepatan.

Dintiman membuat cara bersepeda yang baik untuk tingkatkan performa ini. Yaitu dengan melakukan interval tinggi, yang bisa menimbulkan efek baik, bahkan tidak membuat tingkat kelelahan yang besar buat badan. Ketika kalian tengah gowes santai, coba sesekali naikkan ritme dengan kecepatan lebih tinggi di speed 25-30 kilometer per jam.

Yang perlu diingat, pada awal menaikkan speed jangan sampai lebih dari 2,5 detik. Setelah dua menit, tingkatkan kembali speed lakukan 5-10 detik, lalu turunkan speed normal kembali. Namun, perlu dicatat juga, latihan tersebut bukan jadi salah satu pondasi utama buat meningkatkan speed kalian.

Paling tidak, hal itu bisa merangsang neuromuskuler kalian untuk bisa lebih cepat bereaksi karena adanya kebiasaan ini. Selain itu, bersepeda juga bisa membantu pemulihan buat kalian yang terhantam cedera. Karena bisa memperkuat otot paha depan otot bokong, kaki, betis, dan pinggul. Gowes juga bisa mengencangkan otot inti serta menjaga shooting form kalian loh. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY