ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

(Source: greenqueen.com.hk)

Berpuasa di bulan suci Ramadan merupakan kewajiban bagi setiap umat muslim. Ketika sedang berpuasa, kita semua tidak diperbolehkan makan dan minum selama kurang lebih 12 jam. Karena itu, untuk menghadapi tantangan untuk tidak makan dan minum, kalian juga harus perhatikan asupan pada saat sahur.

Soalnya, sahur jadi pondasi penting supaya bisa kuat menahan lapar dan dahaga ketika berpuasa. Didit Pamungkas, ahli nutrisi dari DBL Academy menjelaskan manfaat asupan yang dikonsumsi ketika sahur. “Sebenernya sahur sama seperti sarapan. Tubuh tetap memerlukan gizi seimbang dalam menu satu piring,” terangnya.

Menurut coach Didit, ada beberapa hal penting yang mesti diperhatikan ketika santap sahur. Diantaranya, kalian mesti menyiapkan makanan yang memiliki kadar protein tinggi. “Selain itu konsumsi karbohidrat kompleks dan makanan berserat tinggi yang dapat membantu rasa kenyang lebih lama dan mencukupi kebutuhan energy saat berpuasa seharian,” ucapnya.

Untuk protein, kalian bisa temukan di makanan seperti tahu, tempe, daging, telur, dan produk olahan susu. Sementara karbohidrat kompleks, bisa kalian peroleh dengan mengonsumsi nasi atau lebih baik beras merah, kacang-kacangan, jagung, ataupun brokoli.

Nah, jangan lupa juga nih, kalian bisa temukan jenis makanan berserat tinggi dengan mengonsumsi jenis buah-buahan apa aja seperti apel, pisang, alpukat dan lainnya. Coach Didit juga menambahkan, sahur ini cukup penting, seperti sarapan jadi kalau bisa jangan dilewatkan. Untuk waktu santap sahur coach Didit merekomendasikan mendekati akhir waktu. “Kalau sahur, baiknya mengakhirkan, seperti sunah yang diajarkan,” pungkasnya. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY