ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Tak hanya faktor skill, mental juga menjadi sebuah faktor kemenangan sebuah tim. Inilah yang ditunjukan SMA Nation Star Academy Surabaya saat bertemu SMAN 1 Waru hari ini (2/11). Dengan mental yang tangguh itulah NSA berhasil comeback dan memenangi laga dengan skor 27-31.

Tak hanya comeback, NSA pun menyuguhkan permainan menarik pada sore hari ini. Dinahkodai pelatih anyar, NSA tampil memukau. Bahkan, Calvin Sinaya, guard NSA, sempat melakukan dunk yang membuat NSA timnya mampu memperkecil ketertinggalan dimenit 3.

Sempat tertinggal tiga poin di awal kuarter pertama, tak membuat NSA panik. Mereka langsung merespon lewat tembakan tiga poin dari Adrian Agung. Namun, permainan hustle dari Smantaru -sebutan SMAN 1 Waru- membuat NSA harus tertinggal satu poin di akhir kuarter pertama.

Smantaru kian tancap gas dikuarter dua. Poin demi poin dicetak Smantaru lewat skema fastbreak memanfaatkan turnover yang dilakukan NSA. Paruh pertama ditutup dengan skor 15-11 untuk Smantaru.

Perlahan tapi pasti, NSA pun mulai membalikkan keadaan dan berbalik mendominasi laga. Pada menit 5 kuarter tiga NSA berhasil membuat keadaan imbang lewat layup dari Adrian. Usai Adrian menyetak poin, tim Smantaru langsung mengambil jatah time out yang diberikan.

“Saat time out tersebut saya katakan ke pemain agar tampil lepas. Saya juga ingatkan pada para pemain untuk lebih berani main menusuk dengan melakukan drive,” ujar Nandesha Nensia, pelatih NSA.

Benar saja, momentum time out itu jadi titik balik NSA. Meski sempat tertinggal, tapi mereka bisa tetap tenang mengejar poin demi poin ketertinggalannya. Momentum inilah yang terus dimanfaatkan NSA di paruh akhir pertandingan.

Puncaknya, di kuarter empat NSA makin memimpin jalannya laga. Hingga pada meni kelima, Calvn Sinaya membuat NSA balik unggul lewat poin yang ia dapatkan dari free throw. Semenjak itu, pertandingan jadi milik NSA.

Meski membuat NSA balik unggul, tapi bintang pertandingan ini bukanlah Calvin Sinaya. Dengan minute play 26 menit 21 detik, Adrian Agung mampu membukukan 13 poin, 4 steal dan 2 rebound.

Menurut Coach Nandesha, kunci kemenangan pertandingan hari ini adalah penampilan berani dari NSA. Ia menambahkan bahwa keberanian drive dari pemainnya membuat NSA bisa mendapatkan banyak poin.

Sebagai informasi, dari 33 foul yang dilakukan tim Smantaru, NSA mendapatkan 21 free throw dan 10 diantaranya yang membuahkan poin.

“Pertandingan ini jadi bukti bahwa latihan anak-anak selama ini tidak sia-sia. Terlebih saya tadi melihat peluang untuk menyetak poin lewat drive. Hal itulah yang kami manfaatkan,” terangnya.

Kemenangan ini membuat NSA melangkah ke babak selanjutnya. Dipertandingan keduanya, NSA akan menghadapi SMAN 16 Surabaya. “Untuk pertandingan melawan SMAN 16 Surabaya, saya sudah punya gambaran kekuatan tim lawan. Tinggal saya memperkuat defense tim saja untuk menyambut laga selanjutnya,” tutup Coach Nandesha.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY