ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Fase fantastic four untuk tim putra telah berakhir pada Rabu (23/11) sore tadi. Tiket final party Honda DBL 2021 Bali Series pertama untuk tim putra berhasil direngkuh oleh SMAN 1 Tabanan (Smasta) usai mengalahkan SMAN 1 Gianyar (Dosman) dengan skor akhir 79-56.

Sejak awal pertandingan, Smasta memang mengungguli Dosman. Permainan putra Smasta yang cepat dan agresif buat penggawa Dosman semakin tertekan. Dosman pun sebenarnya bukan tanpa perlawanan. Mereka berusaha mengejar ketertinggalan, namun akurasi tembakan putra Dosman masih banyak yang meleset.

Hasil statistik pun menunjukkan field goals putra Dosman hanya menyentuh angka 31 persen secara keseluruhan tim. Dari 70 percobaan menyerang, hanya 22 tembakan yang menghasilkan poin. Sementara itu, Smasta jauh lebih unggul. Field goals tim Smasta menyentuh angka 42 persen.

Selain itu, Dosman kerap melakukan turnover. Hal ini dimanfaatkan langsung oleh putra Smasta. Catatan poin from turnovers Smasta mencapai 39 poin. Hebatnya, Urip Kabinawa dkk juga tak segan menusuk ke dalam paint area lawan. Hal tersebut dibuktikan dari catatan statistik poin di paint area lawan sebanyak 72 poin.

Baca juga: Bungkam Dosman, Smasta Tatap Final

Berbeda dengan Smasta yang melengang dengan mulus ke babak final, Soverdi harus melewati banyak rintangan dalam satu pertandingan kala melawan SMAN 2 Denpasar (Resman). Keduanya bahkan sampai memasuki babak overtime dua kali.

Jual beli serangan memang menjadi tren di partai antara Soverdi dan Resman sejak tip off. Jika saja tembakan dua poin dari Putu Ivan Krisna di detik terakhir kuarter empat dianggap sah, Soverdi sebenarnya resmi menjadi pemenang tanpa harus melakoni drama overtime. Namun, wasit memutuskan tembakan itu tidak dihitung sebagai poin tambahan.

Hal ini menyebabkan kedua tim harus melakoni babak overtime. Babak overtime pun tak kalah sengit. Skor keduanya kembali seimbang, 75-75. Mau tidak mau, baik Soverdi dan Resman harus menjajaki babak overtime kedua.

Sayangnya, Resman mulai kehilangan fokus saat memasuki babak overtime kedua. Banyak turnover dan foul yang mereka lakukan. Terbukti, di 40 detik terakhir babak overtime kedua, Elgi melakukan foul terhadap Ivan Krisna. Ini menghadiahkan dua tembakan gratis untuk Soverdi. Tanpa ragu, Ivan mengeksekusi dua hadiah itu dengan akurat. Ditambah, tembakan tiga poin yang juga ia ceploskan beberapa detik setelahnya semakin mempertegas kemenangan Soverdi hari ini.

Capaian ini membawa Soverdi dan Smasta melaju ke babak final Honda DBL seri Bali musim ini yang akan digelar Kamis (25/11) besok. Putra Soverdi dan Smasta sendiri berhasil mencatat sejarah menjadi tim sekolah daerah (luar kota Denpasar) yang lolos ke final party Honda DBL seri Bali. Setelah Setelah SMAN 2 Tabanan (Bisma) tahun 2014 dan SMAN 1 Gianyar (Dosman) musim 2015, yang mana keduanya kalah dengan SMAN 1 Denpasar (Smansa). (ren)

Baca juga: Dramatis! Soverdi Melaju ke Final Setelah Lewati Dua Kali Overtime

KEPOIN YUK SIAPA TOP LEADERBOARD HONDA DBL 2021 BALI SERIES

BASKET PUTRA

1. Sama-Sama Cetak 10 Assist, Duo Soverdi Pimpin Top 5 Assist Leaders

2. Mantap! Tambah 52 Poin, Gede Elgi Melesat Jadi Top 5 Point Leaders

3. Gianyar Punya Steven Ignasius, Pimpin Top 5 Rebound Leaders Jelang Final

4. Ketat Nih! Empat Pemain Catatkan 10 Steal di Top 5 Steal Leaders Jelang Final

 

BASKET PUTRI

1. Nggak Ada Lawan! Dewa Ayu Dita Bertengger di Atas Top 5 Assist Leaders

2. Sama-Sama Cetak 27 Poin, Anggie & Angelica Pimpin Top 5 Point Leaders

3. Ini Dia Top 5 Rebound Leaders Jelang Laga Final, Smansa Denpasar Terbanyak!

4. Mantap! Penggawa Smansa Denpasar Kuasai Top 5 Steal Leaders

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS