ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Srikandi SMAN 1 Gianyar (Dosman) berhasil menggeser SMAN 1 Denpasar (Smansa) dari singgasananya dan mendapuk titel ‘ratu baru’ Pulau Dewata. Titel ini mereka dapat setelah putri Dosman berhasil mengalahkan Smansa di Final Party Honda DBL 2021 Bali Series siang tadi dengan skor akhir 60-56.

Langkah Dosman menuju kemenangan pun sebenarnya tidak mulus. Mereka mendapat tekanan dan perlawanan berkali-kali dari Smansa. Di awal kuarter, Dosman unggul atas Smansa dengan skor 14-9.

Pertengahan awal kuarter, big man Smansa belum terlihat menonjol sepenuhnya. Bahkan, mereka cenderung pasif. Sebaliknya, Dosman yang didominasi oleh small man sangat memaksimalkan potensi kecepatan mereka. Terbukti, Dosman masih unggul atas Smansa di dua kuarter pertama dengan skor akhir 32-20.

Smansa memang tampil tak kalah ngotot dengan Dosman. Hal ini justru membuat putri Smansa sering hilang kontrol dan menuai banyak foul di kuarter awal. Pada dua kuarter awal, putri Dosman berhasil menuai 7 poin dari tembakan gratis sebagai hadiah dari pelanggaran yang dilakukan oleh Smansa.

Usai halftime, Smansa mulai bangkit dan ritme bermain mereka menjadi lebih tenang. Big man Smansa juga mulai terlihat agresif. Ida Ayu Prynitha dan Ni Made Lia membuka kans untuk timnya saat skor kedua tim selisih dua digit. Skor kedua tim hanya selisih 1 bola pada 50 detik akhir kuarter empat.

Secara statistik, putri Smansa sebenarnya lebih menonjol. Field goals mereka mencapai 35 persen, sedangkan Dosman 30 persen. Srikandi Smansa juga termasuk berani menusuk ke arah area paint Dosman. Poin yang mereka peroleh saat berlaga di paint area lawan mencapai 44 poin. Berbeda dengan Dosman yang hanya mencapai 30 poin.

Dewi fortuna lebih berpihak pada Dosman hari ini. Mereka diuntungkan oleh banyaknya tembakan gratis dari pelanggaran yang dilakukan oleh putri Smansa saat bermain selama empat kuarter dengan waktu bersih. Dari total 29 kali kesempatan tembakan gratis, Dosman berhasil menceploskan 12 poin.

Tak hanya beruntung, putri Dosman sendiri termasuk anak-anak yang hustle. Terbukti, di 11 detik terakhir, kala mereka berjibaku merebut bola dari Smansa, Ni Kadek Sita berhasil menceploskan 2 poin. Torehan ini membuat Dosman semakin mempertegas kemenangan mereka hari ini.

Menanggapi kemenangan pertamanya di Honda DBL seri Bali sejak tahun 2016, I Wayan Suastika, pelatih Dosman menuturkan bahwa dirinya bangga dengan perjuangan anak asuhnya. “Sangat puas dengan permainan hari ini, mereka sudah habis-habisan tanding dengan Smansa dan gak mau kalah sampai akhir,” tuturnya.

Sempat leading 12 poin saat pertandingan, stamina putri Dosman memang mulai menurun di menit-menit akhir. Tapi, mereka berhasil membuktikan kalau titel kampiun Honda DBL seri Bali musim ini adalah milik Gianyar. (ren)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS