ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

SMAN 1 Balikpapan berhasil mengamankan satu tiket final terakhir Honda DBL 2022 East Kalimantan Series. Tapi, bukan perkara mudah bagi Smansa (SMAN 1 Balikpapan) untuk bisa menang dalam laga ini. Sebab, sang lawan, SMAN 1 Samarinda, memberikan perlawanan sengit hingga buzzer dibunyikan.

Tensi pertandingan ini sangat tinggi. Apalagi tribun GOR Sempaja tampak ramai dengan dukungan supporter kedua tim. Mereka saling beradu chant dan kreativitas. Itu terjadi sejak awal hingga laga berakhir.

Kuarter pertama dua tim saling jual beli serangan. Sama-sama mengandalkan permainan cepat, Smansa Balikpapan dan Smansa Samarinda saling kejar mengejar perolehan poin. Hanya saja, Smansa Balikpapan sedikit lebih unggul dibanding lawannya di kuarter pertama.

Pun begitu dengan kondisi jalannya kuarter dua. Masih memainkan tempo yang sama, Smansa Balikpapan bisa unggul jauh. 20 poin berhasil dicetak Andi Ramdani cs untuk menjauh dari kejaran Smansa Samarinda.

Meski bisa mencetak dua digit poin di paruh pertama, bukan berarti efektivitas serangan Smansa Balikpapan mengesankan. Sepanjang pertandingan, mereka hanya bisa memanfaatkan 19 dari 61 peluang yang didapat. Artinya, efektivitas field goals Smansa Balikpapan hanya menyentuh angka 31 persen.

Memasuki kuarter tiga, permainan Smansa Balikpapan mendadak seret. Rotasi yang dilakukan coach Irwan Saputro di kuarter ini berdampak buruk bagi kondisi timnya. Benar saja. Margin poin yang sempat menyentuh dua digit, menjadi hanya satu poin saja di akhir kuarter tiga.

Tak ingin perjuangan anak didiknya terbuang sia-sia, Coach Irwan kembali meningkatkan tempo dan semangat pemainnya. Untungnya, tambahan 12 poin di kuarter akhir mampu menjaga asa Smansa Balikpapan untuk meraih titel juara di musim ini. Smansa Balikpapan pun menang dengan skor tipis 49-47.

Andi Ramdani berhasil jadi penyelamat Smansa Balikpapan di pertandingan ini. Meski harus memulai laga dari bangku cadangan, tapi dirinya bisa membuktikan kualitasnya. Itu terlihat dengan catatan 11 poin, sembilan rebound, dan dua steals yang ia dapatkan pada laga ini.

Di final party yang akan digelar besok Jumat, 4 Februari 2022, Smansa Balikpapan akan berhadapan dengan SMA Sunodia Samarinda. Dengan keberhasilan ini, Smansa Balikpapan mengulang kembali memori manis mmusim 2019 yang berhasil lolos ke Final.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY