ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Honda DBL Camp 2019 (dok. DBL Indonesia)

Dua hari lagi, Honda DBL Camp 2022 akan diselenggarakan. Total 234 pemain dari 22 provinsi akan menjalankan pemusatan latihan di Surabaya. Seluruh peserta yang mengikuti camp pelajar terbesar di Indonesia ini harus menempuh beberapa step terlebih dahulu sebelum berangkat ke Amerika.

Honda DBL Camp tahun ini juga bekerja sama dengan World Basketball Academy Australia dalam penyelenggaraannya. Sama seperti tahun sebelumnya, Andrew Vlahov, mantan pebasket professional Australia, akan menjadi pelatih yang sekaligus menilai para pemain di camp kali ini.

Selain itu, Honda DBL Camp 2022 juga kehadiran pelatih professional, Anthony Garbelotto. Nakhoda NSH Mountain Gold itu akan memberikan pelatihan untuk peserta yang mengikuti Camp nanti. Honda DBL Camp 2022 sendiri akan berlangsung selama lima hari. Sejak tanggal 11 Mei hingga 15 Mei 2022. Para campers mulai datang pada 10 dan 11 Mei.

Di hari pertama, 11 Mei, seluruh campers akan menjalani beberapa seleksi awal dalam Measurement Test. Di tahap ini, tingkat kemampuan fisik peserta diukur melalui beberapa step. Di antaranya vertical jump, lebar jari tangan, lebar jangkauan tangan, serta tinggi dan berat badan.

Selanjutnya, seluruh campers juga akan menjalani Medical Check Up yang dilakukan oleh National Hospital. Di tahap ini, kesehatan maupun keluhan yang dialami oleh campers jadi poin utama yang diperiksa. Mulai dari vital sign seperti tekanan darah, frekuensi napas, denyut nadi per menit, hingga pemeriksaan mendalam.

Setelah dilakukan pemeriksaan, seluruh campers akan melakukan skill challenge sekaligus beep test. Ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan dan ketahanan fisik maksimal para campers.

Sebagai tambahan informasi, di tahun 2019 Stephanie Wijaya (SMAK 1 Penabur) dan Muhammad Adhim (SMAN 16 Surabaya) berhasil mencatatkan angka tertinggi dalam beep test. Stephanie sukses mencatat 99 lap. Adhim berhasil memecahkan rekor baru dengan 140 lap.

Di hari kedua, seluruh campers akan diuji fundamental dan kemampuan mereka dalam bermain basket. Nantinya, dari total peserta akan disaring menjadi 50 campers putra dan putri. Campers yang terpilih akan masuk ke dalam deretan Top 50 Campers Honda DBL Camp 2022.

Hari selanjutnya, 50 campers yang terpilih akan melakukan Game Development dan Scrimmages. Di fase ini, seluruh campers akan dilatih kemampuannya dalam mengembangkan permainan serta mendapatkan konsep offensive dan defensive yang variatif.

Di hari yang sama, 50 campers ini juga akan menjalani scrimmage game. Dari 50 campers, akan disaring menjadi 24 pemain terbaik putra dan putri yang akan masuk ke dalam Top 24 Honda DBL Camp 2022.

Memasuki hari keempat, 24 pemain terbaik akan melakukan intensive practice dan team training, seperti revision, transition, serta early offense principle. Sedangkan para unselected players akan memperebutkan wild card yang akan membawa mereka melanjutkan langkah ke 24 besar.

Ada yang berbeda dengan tahun sebelumnya. Di Honda DBL Camp 2022 kali ini, terdapat 4 wild card untuk masing-masing campers putra dan putri. Ini ditujukan untuk membuka kesempatan lebih lebar bagi para unselected player dalam memperebutkan posisi All Star.

Di hari terakhir, 56 pemain termasuk empat pemain peraih wild card yang sudah tersaring akan melakukan team training dan scrimmage game. Ini adalah tahap terakhir dari Honda DBL Camp 2022 untuk menentukan siapa yang akan terpilih menjadi 10 pemain putra dan putri serta empat pelatih yang akan diterbangkan ke Amerika. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY