ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Status student athlete sangat melekat pada setiap pemain Honda DBL. Istilah ini merupakan gabungan dari pelajar dan atlet bola basket. Mereka yang berstatus pelajar juga merupakan pemain basket, pasti mendapat titel kebanggan ini.

Tapi, tahukah kalian darimana datangnya inspirasi titel ‘student-athlete’ ini?

Titel student athlete dibawa oleh CEO sekaligus founder DBL Indonesia, Azrul Ananda, saat membentuk liga basket pelajar ini. Ternyata, inspirasi itu datang saat Azrul bersekolah di sana. Kala itu, Azrul kerap diajak oleh ayah angkatnya, John Mohn untuk menonton pertandingan tim basket University of Kansas, Kansas Jayhawks.

Ternyata, para atlet yang juga merupakan pelajar di University of Kansas wajib menuntaskan studinya dengan hasil akademik yang baik untuk bisa bertanding di cabang olahraga yang mereka pilih.

Pada DBL Play Vlog tur University of Kansas, Azrul bersama sejumlah rekannya mengunjungi kandang Kansas Jayhawks, Juara NCAA 2022. Di sana mereka mengunjungi fasilitas dan teknologi canggih yang terdapat di dalamnya.

University of Kansas ternyata mempunyai aturan sendiri bagi tiap mahasiswanya. Terutama soal kedisiplinan. Para student athlete di sana, wajib menaati peraturan sekolah yang mengharuskan mereka untuk tetap berprestasi di bidang akademik.

Untuk memenuhi kebutuhan itu, University of Kansas memfasilitasi student athlete-nya sebuah study room. Di mana mereka harus menunaikan kewajiban belajar dalam rentang waktu tertentu dan diawasi oleh pengajar.

“Namanya student athlete, ada aturannya mereka harus sekolah dan sekolahnya dikawal. Jadi ruangan di dalam (study room) adalah ruangan privat,” jelas Azrul. “Setiap atlet wajib belajar sekian lama dalam seminggu atau dalam sehari, dan ada pengajar yang mengawasi dan membantu mereka saat belajar.”

Di ruangan ini juga terpasang bendera negara asal para student athlete. Hal itu dikarenakan student athlete tidak hanya datang dari Amerika Serikat saja. Mereka berasal dari sejumlah negara.

Selain itu, ada pula Olympic Sports. Di sana, student athlete dari negara lain dapat menggunakan fasilitas di dalamnya untuk berkomunikasi dengan federasi negara asal mengenai program yang harus ia dapat, agar sinkron dengan kebutuhan negara mereka masing-masing.

Saksikan tur selengkapnya dalam DBL Play Vlog episode “Bola Canggih dan Penemu Olahraga Basket di Kandang Kansas Jayhawks, Juara NCAA 2022” hanya di Youtube DBL Play. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY