ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Juara Nasional SMA Taman Madya 1 Jakarta yang memenangkan turnamen ini di Season 0 adalah kuda hitam dari DKI Jakarta (dok. MABAR)

Kabar gembira datang untuk seluruh student athlete tingkat SMA di Indonesia. DBL Indonesia bekerjasama dengan MABAR untuk mengadakan MABAR High School Tournament Season 1 - 2022.

Sesuai namanya, turnamen ini merupakan ajang kompetisi esport untuk student athlete tingkat SMA. MABAR High School Tournament Season 1 - 2022 akan dilaksanakan pada 19 kota, 16 provinsi di Indonesia.

Ke-16 provinsi itu adalah Bali, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, D.I Jogjakarta, Banten dan Sulawesi Utara. Adapula Sumatera Barat, Sumatera Utara, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Sumatera Selatan, dan Riau.

DBL Indonesia setiap tahun melibatkan puluhan ribu pelajar secara aktif sebagai peserta kompetisi basket (Honda DBL), kompetisi dance (UBS Gold Dance Competition), hingga kompetisi jurnalis. Sementara itu, masih ada jutaan anak muda setiap tahunnya yang terlibat sebagai penonton, baik secara offline maupun online melalui aplikasi DBL Play. Mereka inilah yang ingin kami melibatkan secara aktif, melalui wadah esports tingkat pelajar, DBL Play MABAR High School Tournament,” ujar Masany Audri, Direktur DBL Indonesia

Masany menambahkan, kolaborasi antara DBL Play dan MABAR.com ini menyajikan pilihan tambahan untuk siswa SMA agar bisa terlibat pada liga bergengsi Honda DBL 2022-2023 yang mulai bergulir pertengahan Agustus ini. ”Ajang DBL Play MABAR High School Tournament memberi kesempatan agar semakin banyak anak bisa merasakan atmosfer kompetisi yang rapi dan kompetitif. DBL sebagai liga pelajar terbesar di Indonesia punya kedekatan dengan lebih satu juta anak muda setiap tahunnya dan kami akan terus menciptakan kompetitif scene berbasis teknologi untuk mereka,” tambahnya.

CEO dan Co-Founder MABAR.com Aziz Hasibuan memberikan trofi kepada juara Season 0, SMA Taman Madya 1 Jakarta, tim kuda hitam dari DKI Jakarta

CEO dan Co-Founder MABAR Aziz Hasibuan mengatakan, MABAR.com melihat kerjasama ini dapat membantu semakin banyak pelajar terlibat aktif dalam competitive gaming. “Pada Turnamen MABAR Season 0, terdapat setidaknya 6.400 pelajar yang terlibat. Lewat kerjasama dengan DBL Indonesia, kita berharap semakin banyak pelajar yang bisa beralih dari sekadar bermain game ke competitive gaming dan menjadikannya olahraga,” jelas Aziz.

MABAR meyakini bahwa esports (competitive gaming) adalah solusi atas berbagai kekhawatiran orang tua dan guru terkait risiko gaming. “Dengan pendekatan olahraga, esports justru bisa menjadi sarana pengembangan soft skills pelajar. Sehingga berbagai dampak negatif yang dikhawatirkan sejumlah pihak justru bisa terhindari,” tambah Aziz.

Teknis Kompetisi

MABAR High School Tournament Season 1 - 2022 ini akan diselenggarakan pada 16 provinsi di Indonesia. Dengan rincian, 8 provinsi akan menggunakan format hybrid (perpaduan online dan offline), sementara 8 provinsi lain menggunakan full online. Game yang dimainkan dalam turnamen adalah Mobile Legends Bang-Bang (MLBB).

Di setiap provinsi, penyelenggara mencari juara-juara untuk kemudian menjadi wakil provinsinya ke turnamen tingkat nasional untuk memperebutkan gelar National Champion.

Teknis pelaksanaan untuk 8 provinsi yang menggunakan format hybrid adalah peserta akan berkompetisi secara online di babak penyisihan. Setelah mencapai babak 16 besar, peserta akan melakukan kompetisi secara offline dengan datang langsung ke venue. Adapun venue yang ditetapkan adalah Gor pelaksanaan Honda DBL 2022-2023 di kota masing-masing.

Syarat Wajib

Adapun syarat pendaftaran yang harus dipenuhi sebelum mendaftar adalah peserta merupakan pelajar aktif dari sekolah yang sama dan diverifikasi dengan menggunakan kartu pelajar aktif atau surat rekomendasi dari sekolah.

Setiap sekolah hanya dapat mengirim maksimal 5 tim. Tidak ada batasan gender dan usia dalam satu tim. Turnamen ini juga dikhususkan untuk student athlete, artinya pemain profesional dilarang berada dalam tim untuk mengikuti kompetisi.

Pendaftaran dapat dilakukan melalui platform app.mabar.com atau aplikasi DBL Play. Calon peserta harus memenuhi seluruh kelengkapan biodata dan melakukan pembuatan tim ketika mendaftar.

Dalam satu musim atau satu tahun ajaran sekolah, turnamen ini akan diadakan sebanyak dua kali. Semester pertama diadakan di 2022 hingga Desember nanti, semester kedua akan diadakan pada 2023 tepatnya di Januari hingga Juni.

Pendaftaran untuk semester pertama sudah dimulai secara bertahap di masing-masing provinsi. Untuk informasi lebih lanjut, silakan mengunjungi www.mabar.com dan download aplikasi DBL Play. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS