ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Joanne bersama rekan-rekan SMAK 1 Penabur (dok. Pribadi/SMAK 1 Penabur)

Dirgahayu Republik Indonesia! Yups, tepat pada hari ini, 17 Agustus 2022, Indonesia resmi menapaki usia kemerdekaan ke-77 tahun. Ragam perayaan tambah usia ini pun turut dilakukan oleh seluruh masyarakat Indonesia. Tak terkecuali para student athlete di berbagai kota.

Biasanya, perayaan 17 Agustus selalu identik dengan upacara bendera dan juga perlombaan. Tetapi, anak-anak SMAK 1 Penabur memilih cara yang berbeda untuk merayakan hari kemerdekaan ini. Mereka memilih konsep Fashion Week. Yakni, lomba memamerkan busana dengan cara runaway bak model.

Tetapi, berbeda dengan Fashion Week pada umumnya. Di perlombaan ini, anak-anak Smuki (julukan SMAK 1 Penabur) ditantang untuk mengerahkan kreativitas mereka. Pasalnya, aturan bermainnya adalah mereka harus memamerkan baju adat Indonesia yang dibuat dari kertas koran.

Salah satu siswa Smuki, sekaligus kapten tim basket putri, Joanne Herslin Lee mengatakan kalau dirinya sangat antusias mengikuti perlombaan ini. Terlebih, ini kali pertama dirinya mengikuti perlombaan offline setelah tahun sebelumnya tidak diadakan perayaan hari kemerdekaan lantaran pandemi.

“Sekolahku bikin lomba Smukiez Fashion Week. Setiap kelas wajib mengirim perwakilan ikut lomba ini dan bikin pakaian tradisional dari koran,” ujarnya.

Joanne dan rekan-rekannya kemudian memilih baju adat dari Suku Helong. Salah satu penduduk asli Pulau Timor yang bermukim di Kabupaten Kupang, NTT. Bukan tanpa alasan Joanne dan kawannya memilih suku ini. Sesuai dengan mata pencaharian mereka yang juga kerap membuat kerajinan tradisional.

“Jadi, satu kelas harus memamerkan pakaian adat salah satu provinsi di Indonesia. Kebetulan kelasku dapat provinsi NTT. Salah satu anak harus jadi model. Nah, aku yang jadi model untuk kelasku nanti,” terangnya.

Perlombaan ini sebenarnya akan dilaksanakan Kamis, 18 Agustus 2022. Namun, Joanne pribadi sudah mempersiapkan diri sebelum perlombaan dimulai. “Besok lombanya dimulai, kita membuat bajunya juga on the spot. Makanya sekarang aku sedang memikirkan konsep dan idenya dengan teman-teman buat besok,” tandasnya.

Di gelaran Honda DBL with KFC 2022 DKI Jakarta Series nanti, Smuki mengirim dua wakilnya. Yakni tim basket putra dan putri. Menjelang pertandingan, Joanne menjelaskan timnya telah siap berkompetisi. Honda DBL 2022 Seri Ibu Kota sendiri akan dimulai di West Region pada 29 Agustus 2022. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY