ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Valencia Callistan saat menjalani scrimmage game di Honda DBL Camp 2022 (dok. DBL Indonesia)

Tim putri SMA Methodist 2 Medan berhasil mencetak sejarah di Honda DBL 2021 North Sumatera Series. Setelah 11 tahun lamanya berpartisipasi di Seri Medan, sejak 2010, srikandi Methodist 2 sukses meraih gelar juara.

Sebelumnya, Methodist 2 pernah menjadi juara di tahun pertama mereka ikut serta (2010). Tahun-tahun berikutnya, langkah mereka mesti terhenti untuk merengkuh gelar tertinggi di Honda DBL Seri Sumut. Paling jauh hanya sampai final.

Keberhasilan mereka di tahun 2021 kemudian memunculkan satu nama, yakni Valencia Callistan. Seorang pemain (yang pada saat itu) berstatus rookie. Kali pertamanya membela Methodist 2, Valen tampil impresif.

Meski demikian, student athlete yang kini duduk di bangku kelas XI itu mengaku sempat kesulitan mengatur waktu belajar dan berlatih. “Sulit sekali awal-awal ikut Honda DBL. Tapi mau bagaimana lagi, harus pintar-pintar mengatur waktu belajar dan latihan. Supaya dua-duanya maksimal,” ujarnya.

Bagaimana perjuangan seorang Vallencia Callistan di bidang basket? Berikut adalah rekam jejak prestasi yang pernah ia tuai.

Sukses Bawa Methodist 2 Meraih Kampiun

Sudah 11 tahun lamanya putri Methodist 2 tak menduduki posisi kampiun. Di tahun 2021 lalu, akhirnya mereka berhasil meraih trofi juara Honda DBL. Peran Valen di putaran final cukup krusial. Bermain di posisi center, Valen mengemas 9 poin dan 17 rebound. Kemenangan 44-26 atas SMA Sutomo 1 Medan buat putri Methodist sukses angkat piala. (Baca selengkapnya: Putri Methodist Sabet Gelar Juara Seri Sumut)

Valencia Callistan saat membela SMA Methodist 2 Medan di Honda DBL 2021 North Sumatera Series (dok. DBL Indonesia)

Pemain Rookie yang Menjadi MVP

Perjalanan Valen membela Methodist 2 tak terbilang mudah. Terlebih dengan statusnya sebagai rookie (kala itu, ia masih duduk di bangku kelas X). Namun, ia mampu membuktikan diri hingga akhirnya terpilih menjadi pemain terbaik atau Most Valuable Player (MVP), juga menjadi salah satu bagian First Team di Seri Sumut pada musim lalu. Total 46 poin, 42 rebound, dan 3 asis berhasil ia torehkan kala membela Methodist 2 di Honda DBL 2021 Seri Sumut. (Baca selengkapnya: Ini dia MVP dan First Team Putri Honda DBL 2021 Seri Sumut)

Satu-satunya Wakil Sumut di Honda DBL Indonesia All-Star 2022

Berhasil menjadi First Team, membawa Valen berangkat ke Surabaya, Jawa Timur, untuk mengikuti Honda DBL Camp 2022. Di sana, Valen bersama campers lainnya akan ditempa dan diseleksi menjadi 12 pemain putri terbaik. Performanya yang trengginas akhirnya kembali berbuah manis. Dirinya didapuk sebagai Honda DBL Indonesia All-Star 2022 pada Mei lalu. Tidak hanya itu, Valen juga tercatat sebagai campers putri paling tinggi di Honda DBL Camp 2022. (Baca selengkapnya:Valencia Callistan, Campers Putri Tertinggi yang Jadi All-Star)

Impikan Jadi Pemain Timnas

Menilik lebih dalam soal cita-cita, Valen ternyata mempunyai ambisi menjadi pemain Timnas Basket Indonesia. Impiannya ini ia utarakan di tengah seleksi Top 24 Campers pada Honda DBL Camp 2022 lalu. (Baca selengkapnya: Valencia Callistan Miliki Impian Masuk Timnas U-16)

Satu Milestone Tercapai

Belum lama mengutarakan impiannya membela Timnas, akhirnya terwujud. Student athlete asal Medan itu berhasil membawa namanya masuk dalam Timnas U-16. Valen bersama pemain lainnya mendapat kesempatan membawa nama baik Indonesia di FIBA U-16 Women’s Asian Championship di Amman, Jordania, pada 24 Juni 2022 lalu. (Baca selengkapnya: 14 Alumnus DBL Perkuat Timnas untuk FIBA Asian Championship U-16)

Valencia Callistan (jersey 14) saat membela Indonesia di FIBA U-16 Women's Asian Championship (dok. FIBA)

Kembali Ukir Prestasi Jadi Timnas U-18 untuk FIBA U-18 Women’s Asian Championship

Tidak berhenti sampai di sana, Valen terus membuktikan kualitasnya hingga saat ini. Selasa, 16 Agustus 2022, Perbasi mengumumkan 12 nama pemain putri yang akan membela Timnas di ajang internasional.

Nama Valencia Callistan termasuk jadi salah satu pemain yang akan membela Timnas U-18 di FIBA U-18 Women’s Asian Championship pada 5 September 2022 mendatang di Bengaluru, India. Menanggapi prestasi ini, Valen mengucap rasa syukurnya. “Puji Tuhan, aku akan berikan yang terbaik dan belajar dari kesalahan sebelumnya,” tukasnya. (*)

Berikut nama-nama pemain DBL yang masuk Timnas U-18 untuk FIBA U-18 Women’s Asian Championship!

1. Valencia Callistan (Sumatra Utara) - SMA Methodist 2 Medan (DBL Allstar 2021)

2. Ivana Ardella (Jawa Timur) - SMA Gloria 1 Surabaya (DBL Allstar 2021)

3. Keisha Hasna Purnama (DKI Jakarta) - SMAN 28 Jakarta (Participants DBL Camp 2019)

4. Erlita Christiana (Jawa Timur) - SMA Gloria 1 Surabaya (DBL Allstar 2019 & 2022)

5. Lidwina Ruth Riratri Dwi Saputri (D.I.Y) - SMA Kharisma Bangsa Tangerang (Champion DBL Banten Series 2021)

6. Ernindita Prias Madafa (Jawa Tengah) - SMA Tri Tunggal Semarang (DBL Indonesia Allstar)

7. Juliette Aime Gogus Putra (Jawa Tengah) - SMA Karangturi Semarang (DBL Allstar 2021)

8. Vanissa Renata Siregar (DKI Jakarta) - UPH College (DBL Indonesia Allstar)

9. Nathania Nicole Sasongko (Jawa Timur) - SMA Gloria 1 Surabaya (Champion DBL East Java Series 2021)

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
TITLE PARTNERS
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS
SUPPORTING PARTNERS