ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Sefia Satriani Usman pemain forward dari tim putri SMAN 2 Lahat (Smandala Mutiara) ini berhasil mnecetak 17 poin dalam pertandingan timnya dengan SMAN 17 Palembang, Selasa (23/8). Hal ini membuat ia menjadi BeAT The Record (BTR) terbaru di Honda DBL with KFC 2022 South Sumatera Series untuk sektor putri hingga saat ini.

Selain jadi BTR terbaru, Sefia dan timnya juga sukses mengantarkan Smandala Mutiara ke babak Fantastic Four Honda DBL With KFC 2022 South Sumatera. Student athlete kelas XII SMAN 2 Lahat tersebut berharap dapat membawa timnya menjadi juara pada ajang musim ini.

“Alhamdulillah senang dan tidak nyangka bisa cetak poin banyak dan bawa tim ke fantastic four, kalau bisa sampai ke juara nanti,” ungkap Sefia.

Dara muda 17 tahun tersebut bercerita mengenai latihan yang biasa dilakukannya dan anggota Smandala Mutiara lainnya. Biasanya selesai sholat subuh, mereka akan melakukan conditioning seperti jogging dan skiping.

Latihan lain yang mereka lakukan ialah mempersiapkan permainan hand ball handling, finishing dan fisik dari pelatih. Bagi Sefia, pesan pelatih yang paling diingatnya ialah harus memiliki pertahanan yang cepat, berjuang mati-matian meskipun lelah demi kemenangan tim.

“Kata pelatih kami, yang bawa juara itu kalau pertahanan kita bagus dan membuat lawan kesulitan cetak poin,” ujar Sefia. Selain melakukan latihan fisik, Smandala Mutiara juga melakukan latihan mental dengan melakukan sparing dengan SMA lain.

Sparing atau latihan bersama yang dilakukan ini sangat berpengaruh dalam menghadapi berbagai macam tekanan saat pertandingan nantinya, seperti mengatur emosi, kerja sama tim, dan komunikasi. Lewat sparing ini juga pelatih bisa melakukan evaluasi apa saja yang kurang dari permaiann tim mereka. Hal itu dilakukan agar pada pertandingan berikutnya dapat lebih percaya diri dengan tim.

Untuk latihan pribadi yang dilakukan Sefia, pelatih kerap meminta anggotanya untuk drible, lay up, dan drible shoot dengan waktu tertentu. Pelatih mereka pun menargetkan poin yang harus dicapai anak didiknya.

Bagi Sefia, keberhasilan dirinya mencetak banyak poin juga tidak terlepas dari kerja sama timnya, sembari ia mencari ruang kosong dan tampil berani serta percaya diri seyakin-yakinnya bahwa ia dapat mencetak poin ke dalam ring.

BeAT The Record (BTR) sendiri merupakan sebuah program baru Honda DBL untuk mencatatkan rekor yang dibuat para pemain DBL di setiap pertandingan. Banyak capaian yang bisa masuk BTR. Ada kategori top poin, top rebound, top assist, top block, double-double, triple-double, dan lainnya. (Ara)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY