ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Pergelaran DBL with KFC 2022 South Kalimantan Series masih berlanjut. GOR Hasanuddin, Banjarmasin kembali menjadi arena bagi tim basket sekolah saling menggelorakan semangatnya untuk berjuang meraih kemenangan hari ini.

Selasa, 30 Agustus 2022 menjadi hari terpadat pertandingan Honda DBL Kalsel Series, yaitu terdiri dari empat laga, di antaranya tiga dari sektor putra dan satu dari sektor putri. Sektor pertama akan diawali laga pertandingan dari tim SMAN 1 Banjarbaru melawan SMA Don Bosco Banjarmasin. Permainan akan dilakukan pukul 13.30 WITA.

Mengahadapi pergelaran yang sengit ini, SMAN 1 Banjarbaru mengaku telah melakukan persiapan sejak jauh-jauh hari, terutama dalam bagian akurasi atau shooting dan freethrow.

"Waktu lawan SMKN 3 Banjarmasin freethrow kami kurang bagus. Maka dari itu kami latihan lebih lagi untuk akurasi,” ujar Rendy sebagai pemain guard SMAN 1 Banjarbaru. Akurasi merupakan strategi jitu untuk menambah poin dalam permainan basket.

Selain itu, untuk strategi kemenangan, Rendy tidak menetapkan pasti. Menurutnya yang terpenting adalah mengikuti instruksi pelatih. Namun, pelatih mengungkapkan bahwa SMAN 1 Banjarbaru lebih mengutamakan pada teknik man to man defense dan kedisiplinan pemain.

“Tetap mengikuti peraturan dari DBL juga untuk man to man defense. Karena waktunya juga masih waktu kotor dalam pertandingannya, belum waktu bersih jadi kita mengandalkan man to man defense itu dengan baik, kedisiplinan pemain dengan baik, untuk bisa menjaga tidak hanya kepada satu pemain yang ada, dalam hal ini SMA Don Bosco Banjarmasin,” ujar Yoga sebagai asisten pelatih SMAN 1 Banjarbaru.

SMAN 1 Banjarbaru juga memiliki booster semangat dari para supporter yang hadir. “Tentu dong. Ultras Smansa menyempatkan datang dan dukung kami pada saat jam sekolah. Dengan kedatangan ultras smansa buat kami semakin semangat bawa kemenangan agar mereka gak sia-sia datang jauh dari Banjarbaru,” kata Yoga.

Sedangkan, berbeda dengan Don Bosco lebih mempersiapkan fisik yang siap dikarenakan waktu recovery yang sedikit karena pertandingan yang baru berlaga kemarin sore dibandingkan dengan SMAN 1 Banjarbaru yang sudah berlaga lebih dulu pada Sabtu, 27 Agustus 2022.

“Persiapan untuk pertandingan hari kami menyiapkan fisik yang siap khususnya karena kami baru bermain kemaren sore dan SMAN 1 Banjarbaru sudah bermain di hari sabtu kemaren, dikarenakan waktu recovery yang sedikit kemungkinan terjadinya kelelahan kepada pemain bila kurang istirahat,” ujar Ignasius sebagai Coach SMA Don Bosco Banjarmasin.

Laga kedua akan menyajikan pertandingan dari sektor putri, di mana SMKN 3 Banjarmasin akan bertanding dengan SMAN 1 Banjarbaru yang akan dilaksanakan pada 15.00 WITA.

Pertandingan ini dipersiapkan oleh kedua tim persiapkan dengan istirahat yang cukup dan mempelajari teknik perlawanan musuh. Sebelumnya SMKN 3 Banjarmasin telah menghadapi SMKN 1 Banjarmasin, Minggu, 28 Agustus 2022. Laga itu berakhir dengan skor 48-12 untuk SMKN 3 Banjarmasin.

“Untuk persiapan kami lebih recovery pasca pertandingan sebelumnya, sama mempertajam finishing karena banyak kesempatan yang terbuang sia sia,” ujar Yudistira sebagai pelatih SMKN 3 Banjarmasin.

Terkait akurasi freethrow, Yudistria menyampaikan lebih mengutamakan teknik defense untuk melawan SMAN 1 Banjarbaru.

Bagi SMAN 1 Banjarbaru, ini merupakan pertandingan pertama di Honda DBL with KFC 2022 – 2023 Kalimantan Series. Selain istirahat yang cukup untuk penampilan yang maksimal dan fisik yang terjaga, para tim SMAN 1 Banjarbaru mempelajari cara bermain dari SMKN 3 Banjarmasin.

“Istirahat dengan cukup sebelum hari H agar waktu main kami bisa tampil maksimal dan fisik kami terjaga. Kami juga sudah menonton pertandingan SMKN 3 BJM sebelumnya jadi kami pelajari cara bermain mereka dari sana,” ujar Nor Syifa sebagai pemain forward SMAN 1 Banjarbaru.

Sementara itu, pelatih dari SMAN 1 Banjarbaru, Hapsara mengungkapkan bahwa sesi latihan sudah cukup. Kini mendekati hari H tim menjaga makanan dan tidur yang cukup, serta mempelajari permainan musuh atau SMKN 3 Banjarmasin.

“Permainan musuh yang kami pelajari, kami lihat cara mereka offense dan defense, jadi kita coba cari celah di sana,” ujar Hapsara sebagai pelatih SMAN 1 Banjarbaru.

Laga ketiga akan dilanjutkan oleh pertandingan sektor putra antara SMAN 2 Banjarbaru melawan SMKN 4 Banjarmasin pada pukul 16.30 WITA. Kemudian, laga terakhir akan ditutup oleh pertandingan sektor putri antara SMA Gibs Batola dan SMAN 1 Banjarmasin.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (1)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY