ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Masih ingat pesan Dimaz Muharri pada tim-tim yang berlaga di DBL Seri Jawa Timur agar bisa mengalahkan dominasi SMA St Louis 1 Surabaya? Mantan pemain basket nasional itu salah satunya berpesan agar kalian terus melatih fundamental basket. Terutama soal ball handling

"Pasti ada kelemahan di dalam tim Sinlui. Itu yang harus digali oleh pelatih-pelatih tim lain. Scouting dan video session sebelum menghadapi lawan itu penting. Jadi, nanti (kompetisi) bisa makin kompetitif. Tim yang lain juga bisa mendapat pembelajaran ketika melawan tim besar ini," jelas Dimaz saat ditanya mengenai tanggapannya terkait lolosnya Sinlui ke playoffs, Jumat 9 September 2022.

Satu yang menjadi catatan penting, sekaligus tips untuk calon lawan Sinlui nanti. Scouting dan pelajari pola permainan mereka. Apalagi, saat ini semua pertandingan Honda DBL with KFC sendiri disiarkan langsung melalui Youtube DBL Play. Setidaknya, hal itu dapat memudahkan pelatih-pelatih dari tim lain untuk membaca pergerakan lawan lewat siaran ulang.

Dimaz juga menekankan soal teknis dan fundamental untuk tim lainnya. Terutama soal ball handling. Dua hal ini bisa menjadi kunci bagi calon lawan Sinlui untuk meruntuhkan ketangguhan mereka di babak playoffs nanti. 

"Setiap tim harus siap. Harus punya pola press break. Kalau sekolah nggak siap buat pikirin game plan atau pola lain, ya nggak akan ada yang berubah. Nah, pelatih juga harus punya situational play," kata Dimaz.

Baca Juga: Sinlui Masih Tangguh, Dimaz Muharri Kasih Saran untuk Calon Lawannya

Nah, ternyata DBL Play sudah pernah punya konten video soal bagaimana melatih ball handling loh. Gak tanggung-tanggung, konten itu dibuat oleh pelatih DBL Academy bersama Arlan Sitorus, skuad Honda DBL Indonesia All-Star 2018. Konten ada di video Tricky Trick edisi Oktober 2019.

Intinya dalam video itu, ada lima tips ampuh untuk melatih ball handling-mu. Apa saja kelima tips itu?

Yang pertama, tentu kalian harus melakukan latihan driblle 100 persen, agar bola nempel di tangan. Yang kedua, latihan driblle efektifnya menggunakan dua bola. 

Tips ketiga, kalian bisa melatih dribble dalam tiga metode, yakni Low Dribbel, Medium Dribble, dan Power Dribble. Menu ketiga latihan itu bisa dikombinasikan. Misalnya tangan kiri melakukan low dribble, tangan kanan melakukan medium dribble. Latihan seperti bisa di-switch tanpa menghentikan gerakan dribble. Porsi latihan itu masing-masing lakukan dua menit. Ingat lakukan 100 persen.

Yang keempat, kalian juga perlu melakukan melatih dribble knockout. Hal ini penting untuk melatih fokus kita melindungi bola (protect the ball) sekaligus steal bola lawan.

Terakhir atau kelima. Kalian bisa melatih fokus melindungi bola dengan berlatih bersama teman. Temanmu itu kalian minta untuk memukul-mukul lenganmu ketika kamu melakukan dribble. Tujuannya agar ketika dalam pertandingan, kalian tetap fokus melindungi bola ketika ada kontak fisik dengan lawan. Gampang kan? Gampang banget, apalagi kalau kalian lihat videonya langsung di bawah ini.(*)

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY