ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Awal-awal dulu saya ikut koko (kakak) buat main basket, ya kira-kira masih kelas tiga sekolah dasar. Awalnya sih ya engga kepikiran bisa sejauh ini. Kan waktu itu iseng aja ngeliat koko main kok kayaknya seru.

Tapi sempat pindah ke futsal, cuman kok saya ngerasa engga sepenuh hati. Mungkin ya karena waktu itu juga sudah megang bola basket jadi kayaknya cocoknya di basket.

Timothy Wiliam adalah sosok yang mengenalkan saya pada dunia basket selama ini. Dia adalah koko saya. Pemain Sinlui juga waktu juara tahun 2019. Di situ setahun setelahnya kan saya juga bermain di JRBL membela Petra 3 Surabaya dan bisa menjadi juara juga.

Itu semua juga berkat dukungan penuh dari mama papa saya sih. Dukungan kedua orang tua menurut saya benar-benar engga boleh disia-siakan. Makanya dari saya sudah nyemplung basket, saya serius kalau latihan, serius juga buat urusan sekolah. Menurut saya pendidikan itu masih yang pertama. Percuma juga pemain bagus tapi urusan pendidikan malah kurang.

Kalau diadu saya dengan koko saya, masih jago koko saya lah kalau main basket. Bisa dibilang dia itu role model buat saya, selain LeBron James ya. Oh iya, koko juga pernah juara bareng Petra 3 juga waktu 2015, jadi kapten dia. Itu juga sih yang bikin saya jadi semakin termotivasi buat main basket.

Tapi overall saya senang sih bisa membuktikan juga dalam hal basket ke koko sama orang tua. Kayak ini lho anak paling bontot juga bisa bikin bangga keluarga.

Namun, bagi saya olahraga basket itu yang terpenting dimainkan dengan suka cita. Dari cara bermain enjoy dan have fun itulah beberapa prestasi mengikuti saya.

Seperti pada gelaran Honda DBL with KFC 2022 East Java Series juga kan sebagai ajang pembuktian bagi saya. Apa yang sudah saya pelajari sejak kecil bareng sama koko, juara waktu masih umur sepuluh tahun, terus makin kesini juga juara Porprov bareng kota Surabaya, sempat ngerasain jersei Timnas juga.

Ya, intinya gelaran DBL tahun ini bisa dibilang menjadi penutup bermain basket saya lah sedari kecil hingga anak SMA yang mau tamat. Jujur saja perjalanan saya bersama teman-teman tim Sinlui lainnya itu engga mudah. Orang mungkin ngeliatnya Sinlui lagi yang juara, Sinlui lagi, gitu aja kan. Tapi kerja keras saya dan teman-teman di balik itu semua kayak kebayar gitu waktu juara sekarang.

Saya yang kadang keteteran waktu ada latihan sama tugas sekolah, belum lagi urusan yang lain juga. Cuman jujur saja saya masih belum punya pandangan lah buat kedepan soal masih di jalur basket atau engga. Pastinya saya mau fokus dulu ke sekolah, mengejar beberapa mata pelajaran yang sempat tertinggal biar bisa kuliah di luar negeri.

Apapun keputusan saya nantinya, tetap berada di lingkungan basket atau tidak, saya berterimakasih sekali buat kedua orang tua saya yang selalu mendukung selama ini, koko saya yang sejak kecil sudah mengenalkan virus basket ini. Semua yang saya gapai hingga sekarang itu ya ada peran koko disetiap langkah saya.

*Tulisan ini disarikan dari hasil wawancara bersama Daniel Nicholas Delin, guard andalan SMA St. Louis 1 Surabaya sekaligus kandidat First Team Honda DBL with KFC 2022 East Java Championship Series.

 

  RELATED ARTICLES
Comments (1)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY