ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

BEEF yang bukan daging

Nadjandra Alya - 28 October 2022
jarron crump & coach dimaz

Jarron Crump merupakan salah seorang pemain asing basket IBL (Indonesia Basketball League) berkebangsaan Amerika Serikat. Jarron Crump mengalami perjalanan karier yang cukup panjang. Selain menjadi pemain IBL Jarron Crump juga sempat hadir sebagai coach dalam acara DBL Academy Mini Camp

DBL Academy Mini Camp merupakan Mini Camp program latihan intensif yang diselenggarakan oleh DBL Academy selama tiga hari. Pada program ini peserta tidak hanya dilatih oleh pelatih DBL Academy, tapi juga pemain profesional.

Selama menjadi coach di DBL Academy Mini Camp, Jarron Crump berbagi tips and tricks melakukan shooting yang benar menggunakan metode BEEF. Ini bukan beef daging ya, BEEF merupakan kepanjangan dari Balance, Eyes, Elbow, dan Follow Through.

“Menururt saya, pertama adalah harus diawali dengan fundamental, keseimbangan yang baik, serta berlatih terus-menerus. Saat itu saya sering terapkan BEEF”, ujar Jarron. 

Balance

Balance atau kesimbangan merupakan hal pertama yang diperlukan dalam bermain basket. Kita harus bisa menjaga kesimbangan tubuh, apalagi saat akan melakukan gerakan shooting. Cukup dengan membuka kaki selebar bahu lalu posisikan badan setengah jongkok, atau yang biasa dikenal dengan posisi kuda-kuda inilah yang berguna untuk menjaga keseimbangan tubuh.

Eyes

Eyes atau mata. Berkaitan dengan pandangan kita saat bermain basket. Harus selalu diingat bahwa mata kita harus selalu mengarah ke ring, fokus diperlukan apalagi saat akan melakukan shooting.

Elbow

Elbow atau siku adalah posisi siku saat akan melakukan shooting. Tentu saja bersama dengan kuda-kuda yang telah terbentuk bentuk tangan kita aku menekuk 90 derajat terlebih dahulu untuk memberikan tenaga pada bola agar tepat sasaran. Tidak harus 90 derajat kok, kalian bisa menyesuaikan, tapi yang terpenting siku harus menekuk.

Follow Through

Mengikuti bola saat melakukan shooting bukan berarti harus dikejar ya. Maksud follow through disini yaitu tahap finishing di mana kita melepaskan bola sesuai akurasi yang sudah kita tentukan diawal. Sangat penting untuk memperoleh putaran bola yang baik. Jari-jari mengarah ke ring basket, dan pergelangan tangan ditekuk ke depan menyerupai leher angsa. Kira-kira begitulah cara melakukan follow through

Itulah metode BEEF yang dilakukan oleh Jarron Crump agar dapat melakukan shooting yang sempurna. Pun demikian, untuk mendapatkan akurasi yang bagus, repetisi atau pengulangan latihan dan konsistensi juga akan menjadi kunci utnuk mendapatkan akurasi tembakan yang baik. 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY