ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Fake shot atau Gerakan tipu-tipuadalah gerakan yang digunakan untuk menipu defender saat akan melakukan finishing shot. Inti dari Gerakan ini adalah kelihatan seolah akan melakukan shot hingga defender terkecoh. Inilah beberpa jenis fake shot versi Tricky Tricks

Under Basket

Under basket adalah kegiatan fake shot yang dilakukan di bawah ring basket. Gerakan ini adalaha yang paling sederhana. Lakukan drive dengan cepat, kemudian berhenti secara tiba-tiba. Buat Gerakan seolah-olah akan melakukan shooting sehingga defender tekecoh untuk melakukan lompatan.

Kuncinya adalah timing. Jangan terlambat melakukan under basket, shot saat defender terkecoh dengan gerakan tipuanmu. Ketika defender meloncat kamu merunduk. Ketika defender sudah mendarat di tanah baru kamu melompat untuk shoting.

Fake Shot with Sky Hook or Fade Away

Sama seperti fake shot yang pertama, namun kali ini ada beberapa tambahan gerakan. Lakukan drive saat defender mulai ke depan kita berhenti dan langsung melakukan spin. Saat kamu spin dan terlihat membelakangi defender loncatlah dan lakukan sky hook atau melambungkan bola melewati sisi atas defender.

Sky hook sangat efektif untuk lawan yang berbadan tinggi. Ketika melakukan fake shot with sky hook ini kesempatanmu untuk melakukan finishing sangat besar. Jadi gerakan ini dikategorikan yang paling aman untuk shooting.

Berikutnya ada fake shot with fade away. Sama seperti gerakan pertama yang ada sky hook. Kalau sky hook melewati sisi atas defender maka fade away adalah gerakan menjauhi defender, loncat baru shot dari jarak jauh.

Jangan melakukan fade away tanpa latihan yang cukup! gerakan ini bertumpu pada satu kaki yang menahan badan saat menjatuhkan diri ke belakang menjauh dari defender rentan mengakibatkan cedera.

Kobe Bryant Move

Siapa yang tidak kenal dengan pebasket profesional satu ini? Kobe Bryant telah meninggal dunia pada 26 Januari 2020 dikarenakan kecelakaan helikopter bersama putrinya. Semasa hidup, Kobe Bryant bermain dengan saat brilian. Ia terkenal dengan 1001 gerakan tipuan yang ia miliki.

Salah satu gerakannya satu ini melegenda, namun juga sangat susah untuk dilakukan. Sama seperti fake shot yang sebelumnya, hal pertama yang harus dilakukan ialah melakukan drive dengan cepat terlebih dahulu.

Kemudian berhenti secara tiba-tiba sambil melakukan fake shot, Ketika defender tertipu untuk melakukan loncatan, lakukanlah spin. Saat hampir membelakangi defender dan ia mengikuti gerakanmu, lakukan spin lagi ke posisi semula baru lakukanlah shooting.

Bagaimana? Cukup susah bukan? Sudah mulai bingung? Perlu perhatikan posisi kaki saat akan melakukan Kobe Move satu ini. Salah satu kaki kiri atau kanan harus menjadi tumpuan dan melindungi kaki lainnya di belakang.

Kaki tumpuan ini sebagai pijakan untuk spin sedangkan kaki satunya untuk melangkah. Untuk lebih jelasnya bisa kalian lihat di video Tricky Trick satu ini.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY