ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Coach Yayan ketika memberikan instruksi kepada penggawa Kosayu.

Andrie Ekayana merupakan salah satu dari banyak legenda basket Indonesia. Namanya muncul sebagai interpreter KFC DBL Camp 2023 yang akan diselenggarakan pada tanggal 8-14 Mei mendatang di Jakarta. 

Sebenarnya mantan pemain yang biasa dikenal dengan nama panggilan Yayan ini sudah tidak asing dengan atmosfer kompetisi DBL Indonesia. Pada DBL Malang tahun 2019 ia menukangi SMA Kolese St. Yusup (Kosayu) Malang. Coach Yayan memutuskan pensiun pada tahun 2018 setelah berkarier selama 18 tahun di liga basket profesional Indonesia.

Tercatat ada lima klub yang sempat dibela oleh coach Yayan selama berkarier. Bima Sakti Malang menjadi klub pertama memulai karier profesionalnya. Coach Yayan berseragam Bima Sakti selama lima tahun (2000-2005), lalu berlabuh ke Aspac pada tahun 2005 sampai 2008, setelah itu CLS Surabaya mendapatkan servis pemain yang menyandang julukan all around player selama tujuh tahun (2008-2014). Sebelum memutuskan pensiun di Pelita Jaya pada tahun 2018, ia sempat membela Hang Tuah selama empat tahun (2014-2017).

Ketika masih aktif menjadi pemain profesional ia pernah menjadi interpreter dalam ajang kamp yang diselenggarakan oleh DBL Indonesia. Tepatnya pada medio 2012-an. "Dulu beberapa kali juga jadi interpreter untuk DBL Camp. Kisaran tahun 2012-an jamannya Juan Lauren, Nuke Saputra masih jadi campers," kata oach Yayan.

Musim 2019 juga merupakan debutnya sebagai pelatih Kosayu. Kosayu sendiri merupakan salah satu tim kuat di Malang. Tentunya ada beban tersendiri yang dipikulnya mengingat pada tahun 2018 tim tersebut bisa melaju di fase Big Four yang digelar di DBL Arena, Surabaya.

Baca juga: Makailah Dyer, Pelatih KFC DBL Camp yang Bermain untuk Tim NBL 1 Australia

Meskipun gagal mengulang pencapaian musim lalu, sudah banyak perubahan yang dilakukan coach Yayan demi prestasi basket Kosayu lebih baik. Salah satu perubahan yang didapat adalah merubah kultur bermain mereka. Selepas dari Kosayu ia juga sempat mendampingi Youbel Sondakh di Timnas Muda. Saat ini coach Yayan merupakan pelatih dari BBM CLS Knight Surabaya.

Sudah banyak prestasi dan pengalaman yang ia dapatkan baik ketika menjadi pemain maupun pelatih. Ketika kamp nanti coach Yayan akan dengan senang hati berbagi banyak ilmu dengan para campers yang berasal dari Aceh hingga Papua. "Pastinya senang bisa balik lagi ke DBL Camp tahun ini. Apalagi atmosfer kamp juga luar biasa, jadi tantangan tersendiri sih buat saya. Karena harus membantu campers mengeluarkan kemampuan terbaik dan saling berkompetisi satu dengan yang lain," ujarnya. Sampai bertemu di kamp, Coach!

Honda DBL with KFC 2022-2023 digelar di 31 kota dan 23 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia akan memilih student athlete berpotensi untuk diseleksi menjadi KFC Indonesia All-Star melalui KFC DBL Camp.

Baca juga: Andrew Vlahov Beberkan Syarat Jadi Penggawa KFC DBL All Star

KFC DBL Camp 2023 akan dilangsungkan di DKI Jakarta untuk pertama kali. Pemusatan latihan basket pelajar terbesar se-Indonesia ini bakal dilaksanakan pada 8 hingga 14 Mei mendatang di GOR Soemantri Brodjonegoro dan Kota Kasablanka Mall.

Begitu banyak keseruan yang bakal kalian dapatkan secara cuma-cuma di gelaran KFC DBL Fest 2023. Untuk informasi lebih lanjut jangan lupa pantengin terus sosial media DBL Indonesia karena pendaftaran akan dibuka dalam waktu dekat.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY