ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Muhammad Iqbal, forward Smarihasta berusaha melepaskan diri dari tekanan lawan.

MALANG-Tim basket putra Smarihasta -sebutan tim basket SMAN 8 Malang- memastikan diri melangkahkan kaki ke Surabaya. Hasil ini mereka peroleh setelah memenangi laga melawan SMAN 1 Pasuruan dengan skor meyakinkan 63-48. Kemenangan ini tak lepas dari suntikan mental yang dilakukan M. Zaki Basari.

“Saya selalu tekan kan menyerang dengan otak dan bertahan dengan hati. Inilah yang membuat mereka bermain percaya diri di sepanjang pertandingan hari ini,” ujar coach Zaki.

Benar saja, mereka pun langsung mendominasi jalannya pertandingan di sepanjang paruh awal pertandingan. Guard Dewa Made Adji Parama Januartha menjadi motor serangan yang berulangkali membahayakan Smansa Pasuruan-sebutan SMAN 1 Pasuruan-. Ia melesakkan 13 dari total 35 poin hingga akhir kuarter dua.

Tertinggal 21-35 paruh awal pertandingan membuat Smansa Pasuruan terus berusaha menggempur pertahanan Smarihasta. Forward  Mochammad Rafly Syafrinaldy yang dipercaya sebagai motor serangan terus melakukan penetrasi yang berbahaya. Bahkan, ia sempat memperkecil kedudukan menjadi 33-41 di menit kelima kuarter tiga.

Hal ini tak berlangsung lama. Dengan sigap, Smarihasta merapatkan pertahanan melalui komunikasi dan helping dalam bertahan. Mereka pun kembali menutup keran skor Smansa Pasuruan. Tembakan threepoint dari  Bayu Dwi Rizky Ananda disusul lay up Mochammad Naufal Ihza Syahzada membuat Smarihasta menutup kuarter tiga dengan skor 52-37.

Di kuarter empat, Smarihasta makin tak terbendung. Serangan-serangan yang dibangun guard Dewa Made dan forward Muhammad Iqbal menutup kemenangan Smarihasta dengan skor 63-48.

Coach Zaki menuturkan bahwa ia kan memperbaiki konsep rebound sebelum berangkat ke Surabaya. Pasalnya, di sepanjang pertandingan hari ini, anak-anaknya masih kurang sigap untuk memperoleh rebound.

“Yang terpenting adalah konsep rebound. Box out dulu baru cari bola. Kalau nggak box out mereka pasti kalah,” tutup Zaki.

Dengan kemenangan ini, putra Smarihasta berangkat ke Surabaya untuk melakoni laga Honda DBL East Java Championship Series. Mereka akan bertemu dengan perwakilan dari Surabaya di DBL Arena pada 24 September mendatang.

Statistik pertandingan selengkapnya bisa kamu baca di sini.

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY