ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Honda DBL with Kopi Good Day meninggalkan banyak kesan untuk seluruh student athlete yang bertanding. Salah satunya adalah Shinta Salsabila Syifa Nugroho, pemain dari tim putri SMAN 70 Jakarta (Bulungan).

Shinta bersama koleganya bertanding di DKI Jakarta Series - South Region. Di tahun keduanya bermain di DBL, Shinta berhasil membawa tim putri Bulungan meraih gelar ketiga beruntun atau three peat mereka. 

Namun, student athlete berusia 17 tahun ini mengaku tidak mudah membawa Bulungan dalam memperjuangkan gelar juara di tahun ini. Shinta dkk harus menerima tekanan besar. Baik dari kerabat maupun harapan dari pendukung tim basket Bulungan.

Baca juga: Armada Bulungan Bangga Seventy Bisa Three Peat di Indonesia Arena!

"Mempertahankan gelar juara itu gak mudah, harus siap mental. Aku sering banget mendengar orang-orang meremehkan tim sekolah aku karena kita kehilangan satu pemain waktu itu," ungkap Shinta. 

Ya, tim putri Bulungan memang harus kehilangan satu pemain andalan mereka, yaitu Maxine Maria Sutisna, lantaran harus melanjutkan studinya di Amerika Serikat. Sepeninggalan Maxine, Shinta bercerita, ia dan rekan-rekan sempat tidak percaya diri menatap DBL Jakarta.

Ditambah keraguan yang diterimanya dari khalayak membuat Shinta sempat tidak percaya diri. Kondisi pemain yang harus membagi fokus mereka antara sekolah, DBL, dan kompetisi lain juga membuat Shinta down.

Satu hal yang membuat Shinta kembali mengangkat kepala adalah dukungan dari orang tuanya dan solidaritas anak-anak Bulungan. "Semua itu gak jadi halangan buat kita terus semangat latihan dan kita selalu memaksimalkan waktu tersebut untuk berlatih," kenangnya.

Baca juga: Indonesia Arena Menjadi Saksi Gelar Tiga Musim Beruntun Seventy!

"Aku selalu dinasehati orang tuaku kalau jangan membalas cacian orang lain tapi harus bisa buktikan. Ternyata berhasil. Aku sangat terharu dan senang ketika kita menang dan bisa merasakan euforia bermain di Indonesia Arena," lanjutnya.

Soal keraguan, Shinta berhasil membalas suara sumbang itu dengan mengangkat trofi juara di Indonesia Arena pada 17 November 2023 lalu. Trofi itu menjadi begitu bermakna bagi Shinta pribadi. Akhirnya, perjuangan Shinta dan kolega berbuah hasil manis.

DBL Jakarta musim ini meninggalkan kesan yang mendalam bagi Shinta. Perjalanannya yang rumit di awal mereka turun lapangan, hingga akhirnya bisa mencicipi lapangan di stadion basket terbesar se-Tanah Air begitu mengharukan untuknya.

"Di (DBL Jakarta) championship series, aku sempat takut karena kita memakai sistem yang baru. Kita bisa ketemu lawan pertama, artinya mereka bisa baca permainan kita. Tapi, kita bisa buktiin kalo basket Bulungan bisa menang dan jadi finalis pertama di Indonesia Arena," ceritanya.

Baca juga: Final DBL Jakarta di Indonesia Arena: Harumkan Sekolah, Banggakan Orang Tua!

Rasa bangga Shinta tidak berhenti di sana. Ketika namanya dipanggil menjadi bagian Second Team DBL Jakarta, Shinta luar biasa bahagia. Sebab, ini merupakan mimpi Shinta dari kecil untuk bisa mengikuti DBL Camp.

Shinta yang memulai perjalanannya di dunia basket sejak SD, mengaku mempunyai mimpi untuk bisa terpilih sebagai salah satu Campers di DBL Camp. Bagi Shinta, menjadi bagian dari Second Team DBL Jakarta ini bagai mimpi jadi kenyataan.

"Aku sangat mengimpikan bisa bermain di DBL sejak kecil karena orang tua suka nonton DBL. Aku pengen banget ikut bertanding di DBL, apalagi masuk DBL Campnya. Benar-benar mimpi dari kecil. Aku berharap yang terbaik buatku, yang penting gak cedera dan bisa have fun bareng temen-temen di DBL Camp nanti," tukasnya.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 digelar di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 juga menampilkan Pond's Men 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.(*)

Lihat profile Shinta Salsabila Syifa Nugroho pemain SMAN 70 Jakarta selengkapnya di halaman di bawah ini!

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY