ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Reno Adrian Priyanoka (pelatih SMAN 3 Kota Tangerang Selatan) saat mengikuti kelas coaches di Kopi Good Day DBL Camp 2024

Reno Adrian Priyanoka, pelatih tim basket SMAN 3 Kota Tangerang Selatan, berhasil terpilih untuk mengikuti Kopi Good Day DBL Camp 2024.

Keberhasilannya itu menyusul tim basket putri SMAN 3 Kota Tangerang Selatan yang lolos ke babak Fantastic Four Honda DBL with Kopi Good Day 2023 Banten Series.

Usai menjalani rangkaian latihan dan pemberian materi di DBL Camp, Reno merasa bersyukur bisa mendapat pengalaman dan ilmu berharga untuk dirinya sebagai pelatih. Apalagi, lanjut Reno, banyak materi yang bisa ia terapkan langsung ketika melatih timnya.

Baca juga: Pulang dari DBL Camp, Mutia Lebih Pede Melantun!

"Ada beberapa materi baru yang saya dapat di DBL Camp, yang nggak bisa saya dapat di tempat lain. Misalnya soal teknik pemanasan, transisi, dan offensive concept," ujarnya.

Pelatih kelahiran 28 Juli 1993 itu sebenarnya terjun ke dunia basket sejak 2014. Selama 10 tahun itu, ia dipercaya untuk melatih klub KU, SMP, dan SMA. "Baru di tahun 2016 saya melatih SMAN 3 Kota Tangerang Selatan," ucapnya.

Selama itu pula, tim basket SMAN 3 Kota Tangerang Selatan melewati banyak tantangan di DBL Banten. Sejak berpartisipasi di DBL Banten, sebenarnya SMAN 3 Kota Tangerang Selatan belum pernah mencicipi gelar juara sama sekali.

Hanya saja, Reno beranggapan bahwa pada 2021 lalu, tim basket putri mereka mempunyai materi pemain yang cukup bagus hingga bisa menyentuh babak Fantastic Four. 

Tim putri SMAN 3 Kota Tangerang Selatan sejatinya selalu kalah oleh UPH College Tangerang ketika memperebutkan posisi final. Hal itu sendiri membuat Reno sempat terkejut.

"Sebenarnya nggak nyangka kalau tim putri bakal sebagus sekarang. Kita hanya kalah dari UPH, yang kita tahu memang pemainnya lebih bagus. Padahal, sebelum Covid itu saya beranggapan kalau tim putra yang bagus, bukan tim putri," ungkap Reno.

Meningkatnya kemampuan tim putri dan hilangnya 'arah' tim putra SMAN 3 Kota Tangerang Selatan ini ditengarai karena sistem penerimaan peserta didik baru (PPDB) di sekolah.

Baca juga: Selain Tuai Ilmu dan Pengalaman, Jeremy Abner Akui Belajar Toleransi di DBL Camp

PPDB sendiri mempunyai empat jalur penerimaan, yaitu prestasi, afirmasi, zonasi, dan jalur perpindahan tugas orang tua/wali dan/atau jalur anak guru/tenaga kependidikan.

Menurut Reno, jalur zonasi dan prestasi pada PPDB ini membuat SMAN 3 Kota Tangerang Selatan mempunyai materi pemain yang lebih baik dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Saya sebenarnya nggak tahu persis apa yang membuat SMAN 3 Kota Tangerang Selatan ini punya materi pemain yang oke. Tapi, sistem zonasi dan prestasi itu bisa jadi salah satu faktornya," cetusnya.

Jalur zonasi sendiri merupakan sistem PPDB yang menerima siswa baru yang disesuaikan oleh tempat tinggal masing-masing siswa. Calon peserta didik baru yang bermomisili terdekat (berdasarkan KK) dengan sekolah, punya peluang lebih besar dari siswa yang berdomisili lebih jauh.

Baca juga: Tembus Wild Card, Muhammad Endwalijri Akui Alami Peningkatan Skill di DBL Camp

Sementara jalur prestasi adalah penerimaan siswa baru berdasarkan prestasi akademik dan non-akademik yang pernah diraih di jenjang sebelumnya.

Meski begitu, Reno bersyukur tim yang ia kepalai kini punya materi yang lebih komplet. Di DBL Banten 2022 lalu, putri SMAN 3 Kota Tangerang Selatan punya dua pemain kunci. Yakni Ivana Sondang Ompusunggu dan Raviola Namira Anjani.

Sementara di DBL Banten 2023 lalu, pemain baru atau rookie mereka tampil menyala. Mereka adalah Salwa Ghaniyyah dan Keisya Rezkya Ananda.

"Setelah kelulusan Ivana dan Yola (Raviola) saya berharap pemain lainnya bisa berkembang dan kita punya pemain potensi lainnya dari siswa baru nanti. Saya juga sudah mulai menerapkan materi dari DBL Camp buat persiapan DBL Banten musim berikutnya," tutup Reno.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 digelar di 30 kota dan 22 provinsi se-Indonesia. Setiap tahunnya, DBL Indonesia memilih student athlete terbaik dari masing-masing kota untuk diseleksi menjadi DBL Indonesia All-Star melalui program DBL Camp.

Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 juga menampilkan Pond's Men 3X3 Competition. Semua pertandingan Honda DBL with Kopi Good Day 2023-2024 disiarkan live di channel YouTube DBL Play.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY