ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Honda DBL Indonesia All-Star 2019 Menuju Amerika Serikat
9 Fakta yang Perlu Kalian Tahu tentang Hollywood Walk of Fame
DBL Indonesia - 19 February 2020
(Foto: Curbed LA)

LOS ANGELES - Hari kedua (19/2) kedatangan skuad Honda DBL Indonesia All-Star 2019 di Los Angeles diisi dengan kegiatan sightseeing. Salah satu spot yang akan didatangi skuad All-Star adalah Hollywood Walk of Fame. Nah, sebelum mendengar cerita keseruan para All-Star saat di sana, nih 9 fakta yang kalian wajib tahu soal Hollywood Walk of Fame.

1. Dibangun di Trotoar Sepanjang Hollywood Boulevard

Hollywood Walk of Fame merupakan landmark yang berada di sepanjang Hollywood Boulevard hingga Vine Street di Los Angeles. Landmark yang berada di trotoar itu memiliki panjang 3,5 mil atau setara 5,6 km. Lumayan lah kalau dibuat jalan-jalan sekaligus melemaskan kaki setelah menempuh perjalanan udara yang cukup jauh dari Surabaya ke Los Angeles.

Hollywood Walk of Fame ini dibuat pada 1958. Di trotoar itu terdapat 2.500 plakat yang berisi nama-nama tokoh atau bintang. Tiap tahun, pengelola menambahkan sekitar 25 plakat baru sebagai bentuk penghormatan untuk bintang-bintang hiburan dan tokoh Amerika Serikat.

 

2. Yang Lain di Trotoar, Nama Tokoh ini di Dinding

Kalian pernah mendengar nama bintang tinju dunia Muhammad Ali? Nama olahragawan ini juga ada di plakat di Hollywood Walk of Fame loh. Tapi bedanya, plakat Ali tak ada di trotoar. Loh kenapa?


(Foto: Laist)

Ternyata penyebabnya Ali tak ingin namanya diinjak-injak oleh orang yang tak menghormatinya. Ali mungkin masih merasa ada orang-orang yang tak suka dengannya.

Seperti yang kita tahu, Ali bukan hanya petinju juara dunia. Tapi dia juga seorang aktivis yang sangat kritis menyikapi sejumlah hal. Terutama terkait isu-isu kebebasan beragama, keadilan rasial, dan dia pun pernah menentang perang Vietnam. Atas kasus yang terakhir itu, gelar World Heavyweight Championship yang didapat Ali dicabut.

Sebagai bentuk penghormatan, plakat Ali tetap ada di Hollywood Walk of Fame. Tapi plakatnya tidak ditancapkan di trotoar, melainkan di dinding komplek Dolby Theatre (dulu Kodak Theatre) yang ada di sekitar Hollywood Walk of Fame. Plakat Ali sendiri ada di Hollywood Walk of Fame sejak 2002.

 

 

3. Plakatnya ada karena Datang ke Bulan 

Nama-nama yang terdapat di plakat di Hollywood Walk of Fame bukan hanya selebriti saja. Ada juga tokoh yang berjasa besar terhadap Amerika Serikat. Termasuk para astronot Apollo XI, Neil Armstrong, Edwin "Buzz" Aldrin Jr, dan Michael Collins.


(Foto: Pillownaut)

Nama mereka ada di Hollywood Walk of Fame bukan hanya karena berjasa mendarat di bulan, tapi juga karena misi mereka saat itu memberikan kontribusi pada industri televisi. Saat itu misi bersejarah itu memang disiarkan ke seluruh dunia.

Jika plakat para bintang biasanya berisi ikon-ikon entertainment, plakat para astronot ini beda lagi. Di plakat mereka tak ada ikon, tapi justru tanggal pendaratan dan nama Apollo XI.

 

4. Ada juga Nama Politisi

Di Hollywood Walk Fame juga ada nama-nama politisi. Salah satu yang terkenal adalah mantan Gubernur California, Arnold Schwarzenegger. Seperti yang kita tahu Arnold bukan cuma politisi, doi juga aktor sejumlah film terkenal, salah satunya Terminator.

Selain Arnold, di sana ada juga plakat mantan Presiden AS, Ronald Reagan. Awalnya dia merupakan satu-satunya nama Presiden AS di Hollywood of Fame. Tapi kini ada juga plakat Donald Trump. Plakat Trump sudah ada di sana sejak dia sebelum menjabat presiden.


(Foto: Indiatimes.com)

Nama Ronald Reagan ada di Hollywood of Fame bukan sekedar di sebagai Presiden Amerika Serikat. Tapi, dia juga pernah membintangi lebih dari lima puluh film. Dia juga terlibat beberapa produksi televisi, dan bahkan pernah sebagai President of the Screen Actors Guild.

Beberapa politisi lain juga menerima plakat karena kemampuan aktingnya, termasuk George Murphy, Helen Gahagan, William Harrison Hays, dan mantan Wali Kota Los Angeles Tom Bradley.

 

5. Karakter Fiksi Diabadikan di Plakat

Pada ulang tahunnya yang ke-50 pada 1978, Mickey Mouse menjadi karakter animasi pertama yang mendapatkan penghormatan di Hollywood Walk of Fame. Bugs Bunny, menyusul beberapa tahun kemudian, yakni pada 1985.

Beberapa karakter fiksi lainnya seperti Kermit the Frog, Donald Duck, Tinker Bell, Snow White, Winnie the Pooh, Shrek, dan The Simpsons juga ada di Hollywood Walk of Fame.


(Foto: Britannica)

Pada tahun 2004, Godzilla menjadi monster pertama yang menerima plakat pada 2004. Saat itu merupakan peringatan 50 tahun debutn Godzilla di layar lebar. Plus momennya pas dengan beberapa jam sebelum perilisan film terbarunya Godzilla: Final Wars. Pada tahun 1960 karakter anjing Strongheart, Lassie, dan Rin Tin Tin menerima plakat juga pada 1963. 

 

6. Para Fans yang Setia Membersihkan Plakat Idolanya

Jika kalian beruntung, mungkin kalian bakal menemukan para fans gila di Hollywood Wall of Fame. Fans gila itu kadang secara spontan membersihkan plakat idolanya yang ada di trotoar tersebut.


(Foto: Britannica)

Salah satu yang sering melakukan hal semacam itu adalah fans Julio Iglesias.  Basis penggemar artis ini memang besar. Sebagian besar terdiri dari perempuan tua. Sebulan sekali, fans-fans Julio datang ke Hollywood Wall of Fame untuk menggosok dan memoles plakat idolanya. Para penggemar ini ada yang sukarela melakukan hal tersebut. Tapi ada juga yang berharap imbalan dari para turis.

 

7. Waspadai Diajak Foto 'Kembaran Artis'

Ketika datang ke Hollywood Walk of Fame yang kalian harus waspadai adalah 'jebakan batman' yang dilakukan orang-orang yang berdandan bak artis. Biasanya mereka dandan menyerupai artis yang namanya ada di plakat-plakat di Hollywood Walk of Fame. 

Biasanya kita diajak untuk berfoto, atau mereka memberikan sebuah merchandise. Setelah berfoto atau kita menerima merchandise tersebut, mereka meminta uang dengan sedikit memaksa. Jadi waspada ya guys.

 

8. Bintang Basket, ada Nama Magic Johnson  

Mungkin sebagai pemain basket kalian penasaran, siapa sih bintang basket yang namanya diabadikan di Hollywood Walk of Fame. Nah, saat ini baru ada nama Earvin "Magic" Johnson. 


(Foto: cloudinary)

Keberadaan Magic Johnson di Hollywood of Fame kemungkinan juga karena kontribusinya di dunia hiburan. Seperti yang kita tahu, Magic Johnson bukan sekedar legenda basket, tapi dia juga punya Magic Johnson Enterprises, yang mengoperasikan AMC Magic Johnson Theatres. Johnson juga punya lebih dari 100 outlet Starbucks Coffee. Belasan restoran Burger King dan 24-Hour Fitness Magic Johnson Sport Health Clubs. 

Karir basket Johnson di NBA juga moncer. Dia pernah memenangkan lima gelar championships. Sepanjang karirnya, dia mencatatkan 17,707 points; 6,559 rebounds; and 10,141 assists. Namanya masuk dalam 50 greatest players in NBA history.

 

9. Cari Nama Idolamu di Web ini

 

Jika tak banyak waktu untuk menjelajahi Hollywood Walk of Fame, tapi kalian ingin mencari nama idolamu, cobalah cari dulu di website walkoffame.com. Di sana ada menu star search atau star finder. Di sana kalian bisa masukan nama idolamu.(*) 

 

 

 

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)