ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Ada yang sudah pernah dengar belum tentang ice bathing? Iya, metode mandi es batu ini sudah dilakukan oleh para atlet-atlet terkenal lho seperti Lebron James sampai Christiano Ronaldo. Bahkan, para pemain dari Honda DBL Indonesia All-Star juga sudah mulai menerapkan metode ini sejak beberapa tahun terakhir. 

Meski begitu, metode ini tidak harus dilakukan saat selesai berolahraga berat. Kamu juga bisa melakukan hal ini dirumah saat usai melakukan aktifitas yang padat. Penasaran dengan khasiatnya? Simak ulasan berikut ini.

 

Mengurangi Rasa Sakit dan Nyeri

Berendam dengan es batu juga bisa meminimalisir bengkak pada bagian yang terkena cedera. Kegiatan ini juga bisa dijadikan sebagai penanganan pertama pasca cedera semacam ankle agar tidak bertambah parah. Selain untuk berendam, es batu yang dikompreskan kepada bagian yang bengkak juga bisa meredakan memar.

Menurut penelitian yang dilakukan Fakultas Ilmu Kesehatan Jurusan Fisioterapis Universitas Muhammadiyah Surakarta. Saat otot mengalami luka atau pembengkakan kondisi pembuluh darah sedang terbuka lebar dan bisa meningkatkan suhu tubuh. Sehingga metode mandi es bisa menjadi solusi untuk menurunkan suhu tubuh dan membuat pembuluh darah mengecil. Sehingga menimbulkan adalah penghambatan pada pembengkakan dan meredakan memar.

 

Menenangkan Pikiran

Selain otot, metode berendam pada air es batu juga bisa digunakan untuk menenangkan pikiran. Setelah menjalani pertandingan yang ketat tentunya para atlet harus mendinginkan pikiran agar bisa melakukan kegiatan selanjutnya atau bahkan sekedar beristirahat.

US National Library of Medicine menjelaskan melalui penelitiannya bahwa suhu dingin dari es batu dapat menimbulkan efek samping yang baik untuk peredaran darah di kepala. Hal inilah yang membuat seakan menimbulkan pikiran rileks untuk manusia. Kompresan es batu juga bisa digunakan untuk meredakan kepala yang pusing.

 

Bikin Metabolisme Makin Optimal

Mengutip laman Medical News Today, penelitian yang dipublikasikan di British Journal of Sports Medicine mengungkapkan jika membasuh tubuh dengan air dingin atau melakukan ice bathing dapat meningkatkan kewaspadaan. Hal ini dikarenakan mandi dengan air dingin dapat meningkatkan detak jantung dan laju pernapasan.Tak hanya itu, air dingin juga dapat meningkatkan metabolisme karena tubuh harus bekerja lebih keras untuk menjaga suhu tubuh tetap stabil.

 

Nah itu tadi manfaat yang bisa kamu dapatkan jika berendam atau mandi es batu. Akan tetapi jika kamu memiliki masalah darah tinggi, jangan sekali-sekali mencoba metode ini ya. Karena rawan sekali untuk terkena serangan jantung. Yang paling penting kamu harus kenali dirimu terlebih dahulu.

 

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS