ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Seorang pemain basket tentu harus paham cara bagaimana menjaga kesehatan anggota tubuhnya agar terhindar dari cedera. Yang termasuk paling rawan dan harus hati-hati ada alah bagian lutut dan angkle. Sebab, dua bagian itulah yang menunjang gerak tiap pemain basket, baik saat latihan ataupun pertandingan.

Nah DBL.id menemukan tips dari seorang fisioterapis NBA nih, bagaimana cara menjaga kesehatan lutut dan anglemu. Fisioterapis itu adalah Dr. Mary Collings dan Dr. Myles Starkman.

Dr. Myles Starkman dan Dr. Mary Collings. 

Mereka berdua memberikan lima tips menjaga kesehatan lutut dan ankle. Tips dari mereka ini sangat membantu menjaga kinerja pemain tim Dallas Mavericks dan Miami Heat sejak 1995. Penasaran? Yuk lanjut bacanya.. 

1. Gunakan Sepatu yang Sesuai 

Salah satu alasan pemain muda sering memilih sepatu adalah karena mereka menyesuaikan dengan gaya permainannya. Itu sebabnya seorang pemain basket direkomendasikan agar bisa memilih sepatu yang menunjang gerakan mereka saat di lapangan.

Kalian juga harus bisa menemukan sepatu yang paling cocok berdasarkan pada struktur dan fungsi kaki. Collings juga menambahkan bahwa satu hal penting bagi pemain basket adalah rutin mengganti sepatu basket. Ia memberikan estimasi waktu maksimal enam bulan pemakaian. 

 

2. Pertimbangkan Menggunakan Orthotic

Orthotic adalah nama lain untuk bantalan kaki pada sepatu. Orthotic ini dirancang untuk memberikan bantuan kepada kaki atau pergelangan kaki. Fungsi lain alat ini adalah untuk membantu memperbaiki masalah struktural di kaki.

Starkman menjelaskan, seorang atlet tak diwajibkan untuk menggunakan ini. Ia hanya merekomendasikan orthotic kepada atlet yang punya masalah pada kaki dan pergelangan kaki. Sebab sebagian besar atlet yang memiliki orthotic adalah mereka yang ingin punya pijakan kaki yang stabil.

 

3. Lakukan Pemanasan

Saran lain yang diberikan oleh Collings adalah dengan melakukan pemanasan baik sebelum latihan ataupun bertanding. Sebab, latihan ini penting untuk menurunkan risiko cedera pergelangan kaki dan lutut para pemain.

Pemanasan yang harus dilakukan seorang pemain adalah peregangan dinamis. Yaitu peregangan yang menggunakan otot dan sendi untuk menjadi objek. Selain itu, Collings juga mengimbau seorang pemain basket melakukan jogging terlebih dahulu sebelum bertanding atau latihan.

 

4. Perkuat Tubuh Bagian Tengah

Baik Collings dan Starkman saling setuju soal memperkuat tubuh bagian tengah bisa untuk mengurangi risiko cedera pada lutut dan pergelangan kaki. Sebab, menurut mereka berdua, pusat keseimbangan tubuh ini berada pada panggul.

Bahkan Stephen Curry telah mendapat manfaat dari memperkuat tubuh bagian tengah. Dilansir dari ESPN, Curry mengatasi cedera pergelangan kakinya dengan memperkuat pinggul dan pantatnya.

 

5. Kendalikan Tingkat Stres

Tips terakhir yang diberikan oleh Collings dan Starkman adalah mengendalikan tingkat stres. Sebab, cedera tak hanya disebabkan oleh gerakan fisik seperti latihan atau pertandingan. Namun tekanan mental juga punya dampak bagi cedera.

Ketika kalian telah memasuki fase stres, maka fungsi otak akan menurun. Hal itu berdampak pada cara kerja otak untuk memerintahkan fungsi otot akan terganggu. Salah satu cara mudah yang bisa kalian lakukan adalah dengan melakukan meditasi dan yoga.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY