ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Basket adalah olahraga aerobik. Hal itu berarti bahwa basket memerlukan kombinasi upaya intensitas tinggi pendek, seperti jogging. Dan intensitas jangka panjang seperti sprint. Maka dari itu, seorang pebasket perlu punya agility tinggi.

Agility adalah cara kerja seluruh anggota tubuh yang cepat dengan perubahan kecepatan atau arah dalam menanggapi stimulus yang diberikan oleh otak. Jadi latihan seperti apakah yang membuat agility seorang pemain basket menjadi baik?

1. Partner Ball Tag (Kucing-Kucingan)

Metode ini adalah cara efektif untuk meningkatkan agility seorang pemain basket. Dalam permainan ini, terbagi menjadi dua peran: perebut bola dan pelindung bola. Sang perebut bola harus beraksi terhadap arah gerakan bola.

Caranya mudah. Buat lingkaran yang berisikan 5-10 orang. Bentuk dua peran, yakni perebut dan pelindung bola. Sang pelindung bola harus melakukan passing kearah rekannya tanpa harus mengenai bagian tubuh perebut bola. Sedangkan sang perebut bola harus mengejar arah bola, dan memotong passing yang dilakukan oleh pelindung bola. 

1on1 

Tujuan dari latihan ini adalah untuk membuat setiap pemain bisa bereaksi terhadap gerakan pemain lainnya. Hal ini juga berfungsi untuk menganalisis gerak lawan, baik dalam bertahan atau menyerang. 

Dalam 1on1 ini, jika kalian berada dalam posisi bertahan, usahakan untuk bisa mengikuti gerak lawan, dan mencuri penguasaan bola. Sebaliknya, jika kalian berada dalam posisi menyerang, coba lakukan beberapa gerakan menipu agar sang lawan tak bisa menghentikan langkah kalian dalam mencetak poin.

Cone Drill

Latihan menggunakan alat bantu cone ini bisa melatih agility seorang pemain secara signifikan. Sebab, lewat latihan ini, kalian akan melakukan gerakan yang berbeda dalam waktu yang cukup mepet.

Pertama-tama tentukan gerakan yang akan dilakukan. Seperti sprint forward, backpedal, left side shuffle, dan right side shuffle. Setelah itu, letakkan lima cone yang berjarak masing-masing satu meter. Kemudian lakukan gerakan yang sudah kalian tentukan dengan pengulangan tiap gerakannya.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS