ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Kyrie Irving (Source: Heavy.com)

Salah satu latihan fundamental paling dasar untuk para pemula yang ingin bermain basket adalah dribble. Kemampuan dribble sangat penting bisa kalian kuasai apalagi ketika berada dalam sebuah pertandingan.

Tidak mungkin seorang pemain hanya melakukan passing tanpa melakukan dribble sama sekali saat bermain. Cara dribble bola yang baik akan menghindarkan kamu dari pelanggaran yang tidak perlu seperti travelling atau double.

Kali ini kita akan belajar bagaimana cara melakukan dribble yang baik. Pada akhir artikel kamu juga bisa melihat video tricky tricks yang membahas tips dribble yang benar. Berikut adalah beberapa tipsnya.

 

1. Jangan memukul bola

Kebanyakan kesalahan dribble yang dilakukan para pemain basket pemula adalah dengan memukul bola ke bawah sehingga pergerakan bola menjadi tidak stabil. Cara yang benar adalah dengan memantulkan bola dengan mengikuti arah bola.

Lebih mudahnya, dorong bola ke bawah sehingga pergerakan bola menjadi mudah terkontrol. Keras lembutnya pantulan bola tergantung kapan penggunaanya.

Jika kamu sedang membawa bola ke daerah lawan tanpa penjagaan bisa memantulkan dengan santai. Tetapi jika sudah mendapat penjagaan harus memberikan tekanan agar tidak mudah mendapat steal dari lawan.

 

2. Tetap dalam posisi rendah

Stay low menjadi kunci utama saat pemain melakukan dribble. Terutama saat kalian sedang melakukan dribble sambil mendapat pressure dari lawan.

Usahakan tetap dalam posisi rendah dan tidak membungkuk. Karena jika kamu membungkuk, pandangan akan mengarah ke bawah dan kehilangan fokus terhadap penjagaan lawan.

Posisi rendah ini sangat menguntungkan pemain bertubuh mungil ketika berhadapan dengan bigman. Mereka akan kesusahan untuk melakukan steal. Sedangkan untuk para bigman, posisi rendah digunakan untuk menjaga body balance.

 

3. Perhatikan posisi kaki

Saat melakukan dribble kanan, posisi kaki yang maju saat bola terpantul adalah kaki kiri, begitu juga sebaliknya. Mengapa posisi bola harus berlawanan dengan posisi kaki?

Hal itu untuk menghindari bola tertendang oleh kaki saat memantul ke bawah. Selain itu perlindungan dari kaki yang berlawanan juga bisa menyusahkan lawan untuk melakukan steal.

Agar tips-tips di atas lebih jelas dan mudah kamu pahami. Tonton video tricky tricks di bawah ini. Dimas Muharri dan Nuke Tri Saputra akan mempraktekan cara dribble yang benar.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)