ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Membicarakan Honda DBL West Sumatera Series tentu tak bisa jauh-jauh dari penampilan SMA Don Bosco. Prestasi sekolah ini selalu moncer di Honda DBL. Musim 2019 lalu, sekolah yang beralamat di Jalan Khairil Anwar Padang itu berhasil menyandingkan gelar juara untuk tim putra dan tim putrinya.

Bagaimana persiapan tim ini untuk musim 2020 ya? "Kalau bicara persiapan, kami sudah lakukan sejak jauh hari. Mulai September tahun lalu anak-anak sudah latihan 3 kali seminggu, dan terus cari lawan uji coba. Minimal ada 1-2 kali uji coba tiap bulannya," ujar pelatih tim putra SMA Don Bosco Padang, Arif Baskoro.

Menurut dia, dari komposisi tim saat ini 50 persen dihuni para siswa yang saat ini berada di kelas X dan XI. Sedangkan 50 persen sisanya berstatus rookie, mereka berasal dari pemain-pemain SMP yang masuk SMA Don Bosco. "Kalau anggota tim yang lulus tahun ini ada 4 orang," kelahiran Prabumulih itu.

Metode latihan yang diterapkan coach Arif lebih banyak back to basic. Anak asuhnya ditekankan lagi pada pembenahan fundamental. "Mulai dari skill individu, how to play, high-intensity interval training sampai weight training," terangnya. Program latihan itu terus digenjot dari September 2019 sampai beberapa hari lalu sebelum sekolah akhirnya diliburkan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Tapi libur sekolah bukan berarti coach Arif tak punya program latihan. Ia memberikan pekerjaan rumah pada anak asuhnya untuk melakukan latihan mandiri di rumah. "Mereka rekam latihannya itu dan dikirim ke saya," tutur coach Arif.

Dengan tetap menghadirkan latihan di rumah itu, ia berharap anak asuhnya bisa tetap menjaga kondisi fisiknya. "Kami tentu berharap kondisi ini segera berakhir agar bisa normal lagi," katanya.

Coach Arif selalu menekankan pada anak asuhnya agar tetap bekerja keras. Menurut dia, mempertahankan gelar juara itu lebih sulit dari merebutnya. "Saya selalu tekankan pada anak-anak untuk stay hungry, tapi juga harus stay humble. Mereka harus punya never give up mentality dan tentu saja selalu punya attitude dan mindset positif serta optimistis," pungkasnya.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY