ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Man to man defense menjadi salah satu sistem bertahan yang wajib dilakukan setiap tim peserta Honda DBL. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dasar para pemain agar tidak pasif ketika di lapangan. Nah, biar kamu nggak gampang dilewati saat one on one, lakukan tips ini ya!

Stay Low

Stay low dalam basketball stance adalah kunci segalanya. Dengan merendahkan badan, kamu akan punya daya eksplosif dan reflek yang lebih tinggi. Selain itu, dengan merendahkan tubuh, keseimbangan tubuhmu juga akan bertambah. Jadi tidak gampang terkena ankle break.

Perhatikan Jarak

Spacing dalam defense juga wajib diperhatikan ketika bertemu lawanmu. Jangan beri space ke lawan yang punya tipikal shooting. Sebisa mungkin ganggu dia agar tidak melakukan tembakan. Sedangkan untuk pemain yang punya drive cepat, sementara kamu kalah cepat, beri sedikit jarak agar kamu bisa membaca ke mana arah dribble. Sehingga kamu bisa mengantisipasinya.

Jangan Berambisi Melakukan Steals

Kesalahan yang kerap dilakukan adalah berambisi melakukan steals. Hal ini justru yang paling ditunggu pemain gesit. Dengan kamu berambisi melakukan steals, maka akan ada celah yang bisa digunakan untuk melakukan drive. Alhasil, kamu jadi mudah dilewati. Bayang-bayangi saja gerakan lawanmu. Agar dia tidak nyaman saat membawa bola di daerahmu.

Arahkan Lawan ke Titik Lemahnya

Last but not least, sejago-jagonya pemain tentu memiliki sebuah kelemahan. Entah kurang mahir shooting tiga angka, tidak lincah saat dribble kiri, atau kurang mahir finishing dari hot spot-nya.

Nah, dengan sistem man to man, biasanya pelatih akan menunjuk satu anak yang dikhususkan untuk menjaga satu lawannya. Lakukan analisis untuk mengetahui kelemahan lawanmu. Dari situ, arahkan dia ke posisi yang paling tidak dia sukai agar kemungkinan turnover-nya semakin besar.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY