ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Ada empat hal kemampuan yang harus kalian asah setiap hari jika memang benar-benar ingin menjadi pebasket handal. Tidak peduli kamu bertanding di level sekolah atau profesional, jika bisa konsisten menerapkan ini kalian akan menjadi pemain yang sangat efektif di lapangan. Berikut empat hal tersebut:

1. Ciptakan peluang dalam waktu 2 detik atau kurang.

Biasakan setiap gerakanmu harus disertai dengan dua atau tiga dribble. Tidak lebih. Itu membutuhkan waktu paling lama 3 detik. Sebagian besar peluang dalam basket tercipta setelah melalui gerakan tidak lebih dari tiga dribble.

Cobalah menerapkan itu di berbagai situasi. Kalian bisa mengakhirinya dengan segera melakukan passing atau shooting. Ini akan membuatmu terbiasa bermain efektif sekaligus produktif di lapangan.

2. Melawan balik gerakan lawan

Kalian tidak bisa menggunakan gerakan offense hafalan sepanjang waktu dalam pertandingan. Sebab lawan yang baik akan segera mempelajari dan mengambil langkah untuk menghentikanmu. Terus mengembangkan opsi gerakan untuk melawan balik defense lawan akan membuatmu menjadi pemain yang mampu mengancam pertahanan musuh.

3. Kemampuan finishing dengan kontak fisik

Aturannya simpel. Kalau kalian tidak berusaha membuat kontak fisik dengan lawan saat berada di paint area, lawan yang akan berusaha melakukan itu terhadapmu. Dengan kata lain, jika kamu berinisiatif melakukan kontak lebih dulu dengan lawan sebelum melompat untuk finishing, kamulah yang akan mendapat keuntungan.

Mereka tidak akan bisa melompat efektif jika kamu lebih dulu mengganggu pemain bertahan lawan. Tapi jika kamu menunggu mereka lebih dulu melakukan kontak, lawan sedang berada di atas angin.

4. Kemampuan mencetak angka di depan pemain bigman

Kalian harus membiasakan diri berlatih mencetak poin di depan pemain yang lebih besar alias bigman. Berbagai opsi bisa dicoba. Dari layup, under basket, maupun shooting. Jika bisa mengatasi ini kalian akan menjadi pemain offense yang tak kenal takut menghadapi siapapun di lapangan.(*)

  RELATED ARTICLES
Comments (1)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY