ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Teknik tipuan dalam olahraga basket ternyata punya peran yang besar. Terlebih saat membuat sang lawan salah dalam melakukan antisipasi terhadap gerak sang pemain.

Inti dari teknik tipuan ini adalah membuat lawan berpikir bahwa kalian melakukan sebuah hal yang sesuai dengan pemikirannya. Trik ini tak melulu bergantung pada fisik seorang pemain. Dengan kepintaran dalam berpikir juga bisa mempengaruhi keberhasilan teknik ini.

Simak beberapa tips ini biar kalian punya persentase yang besar ketika melakukan trik tipuan.

1. Change Speed

Dengan kecepatan yang berubah-ubah, tentu akan menyulitkan pemain lawan dalam melakukan penjagaan. Caranya sederhana, kalian cukup biasakan dengan metode berlari dan berhenti dalam tempo waktu yang singkat. Usahakan lakukan cara ini dengan mendribble bola.

 

2. Change Direction

Penetrasi kalian akan makin sempurna apabila menambahkan variasi dengan bergerak ke kanan, kiri, depan atau belakang. Atau dengan kata lain, kalian bisa lakukan beberapa gerakan crossover, seperti V-cut.

 

3. Ball Fake

Para pemain bertahan lawan akan bereaksi kearah mana bola akan melaju. Ketika kalian berada di paint area, pass fake ini bisa efektif karena bisa membuat celah di penjagaan lawan. 

Selain itu, shoot fake juga jadi senjata yang efektif membuka ruang gerak. Terlebih kalian bisa menghindar dari para pemain bertahan lawan yang agresif.

 

4. Jab Step

Cara lain untuk bisa membuka ruang gerak kalian adalah dengan melakukan jab step. Jadi kalian harus mengerakkan tubuh ke salah satu arah kemudian mengubah arah tersebut tanpa mendribble bola. Langkah ini bisa membuat pemain lawan menjadi tak seimbang dan kalian bisa menusuk masuk.

 

5. Use Your Eyes

Jika kalian bermain sebagai playmaker tim, maka harus punya skill ini. Gunakan pandangan mata kalian untuk melakukan tipuan kepada pemain lawan. Salah satu caranya adalah dengan no look pass. Jadi pemain lawan akan kesulitan membaca rencana kalian ketika menyerang.(*)

Yuk beli kaus 'DBL Region' dari Mainbasket untuk Bersatu Saling Bantu Penanganan COVID-19. Selengkapnya klik banner di bawah ini.

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY