ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Selain latihan, beristirahat atau rest day juga sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan otot perlu waktu untuk recovery akibat robekan kecil yang ada setelah latihan.

Saking pentingnya, The American College of Sports Medicine menganjurkan agar melakukan 48 jam recovery ketika kamu abis melakukan 150 menit latihan rutin per minggunya loh! 

Nah meski begitu, ada beberapa tanda yang wajib kamu sadari kalau tubuhmu perlu beristirahat. Apa aja sih?

1. Nyeri Otot Lebih dari Dua Hari

 foto: Mindpump

Siapa yang disini sering latihan naik turun tangga? Biasanya, setelah melakukan latihan ini, otot paha akan merasakan pegal dan nyeri yang cukup panjang.Namun, jika nyerinya tidak hilan hingga lebih dari dua hari, otot pahamu perlu istirahat.

Ingat, bukan berarti kamu full rest ya, kamu bisa mengganti jadwal leg daymu dengan work out lain yang tidak melibatkan otot paha.

2. Terus Minum Tapi Tetap Merasa Haus

foto: Medical News Today

Salah satu tanda simpel lainnya adalah saat minum. Jika kamu merasakan haus tapi tubuh terasa tidak terhidrasi meski sudah minum banyak cairan, tandanya tubuhmu berada di catabolic state.

Catabolic State sendiri merupakan fase tubuh dimana otot tubuh kekurangan nutrisi akibat latihan berat. Nah jika kamu merasakan fase ini, kamu perlu beristirahat selama satu hari dari latihan berat.

3. Tubuh Tidak Makin Kuat

foto: Avogel

Pernah nggak sih kalian merasakan performa kalian menurun padahal rutin melakukan latihan tertentu? Fase ini akan terjadi ketika kamu overtraining alias latihan yan berlebihan.

Hal ini dikarenakan ototmu yang belum selesai recovery harus kembali berlatih dengan intensitas yang sama atau bahkan lebih. Hal ini juga jadi salah satu potensi terjadinya cedera loh!

4. Tidur Lebih dari Delapan Jam Tapi Masih Lelah

foto: healthystudentliving

Last, jika kamu merasakan lelah yang berlebihan setelah rutin tidur diatas delapan jam, tandanya kamu benar-benar memerlukan full rest day.

Kondisi ini umumnya terjadi ketika ototmu masih belum sempurna melakukan recovery saat tidur. Sehingga, sangat disarankan untuk tidak berolahraga selama satu sampai dua hari. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY