ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Workout dan beberapa drill teknik basket memang menjadi hal utama yang harus dilakukan agar kemampuanmu meningkat pesat. Beberapa orang bahkan melakukannya hingga setiap hari agar skillnya semakin tajam. 

Hal ini memang wajar dan diperbolehkan. Namun, ada hal lain yang tak boleh dilupakan. Dan justru penting untuk diperhatikan. Yaitu rest day atau hari untuk beristirahat. istilahnya sih, rebahan day gitu! 

The American College of Sports Medicine menganjurkan, agar melakukan 48 jam recovery ketika kamu abis melakukan 150 menit latihan rutin per minggunya loh! Lalu, kenapa sih rest day itu penting? Simak penjelasan berikut ini ya. Agar kamu gak over training. Yang akibatnya justru tambah fatal.

 

Bantu Otot Berkembang Optimal

Source: Maxedmuscle

Russell Wynter, NASM Certified Trainer dari Amerika Serikat menjelaskan. Bahwa bagi orang yang melakukan work out yang sama di salah satu bagian tubuh. Setidaknya membutuhkan satu hari recovery. Sebagai contoh, jika kamu melakukan leg day hari ini, besok dianjurkan untuk melatih bagian tubuh lainnya. Dengan beristirahat, otot bisa beregenerasi dan bisa semakin kuat untuk sesi selanjutnya.

 

Mengurangi Resiko Cedera

Source: rnvpodiatry

Dalam melakukan sebuah workout maupun latihan, ada kemungkinan besar robeknya otot di dalam tubuh yang berukuran mikro. Meski terlihat simpel, jika diteruskan bisa menjadi sebuah robekan besar dan cedera yang akut loh! Bahkan, menyebabkan kamu harus melakukan operasi. Rest day dan nutrisi yang pas untuk tubuh akan mengurangi resiko tersebut. Sehingga resiko cedera akan semakin kecil.

 

Mengganggu Kualitas Tidur

Source: Gettyimages

Pernah nggak sih kamu merasakan tidurmu kurang nyenyak atau justru kesulitan tidur setelah workout setiap hari? Jika hal ini terjadi, berarti kamu sedang berada di fase hormon adrenaline dan kortisol yang terlalu berlebihan karena workout setiap hari.

Kedua hormon ini akan diproduksi oleh tubuh ketika kamu sedang berolahraga. Inilah mengapa kamu bisa fokus dan tidak mengantuk saat workout. Nah kalau kamu kurang tidur, yang ada kamu bakal mengalami beberapa hal ini loh! (*)

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIERS