ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Tahun ini bak menjadi momentum sempurna untuk Julian Alexandre Chalias. Pebasket 18 tahun itu tak hanya menjadi bagian dari tim divisi dua Perancis, Croix d’Argent Basket Montpellier. Ia juga akan menjalani pemusatan latihan bersama Tim Nasional (Timnas0 Indonesia).

Ada 14 nama yang dipanggil untuk menjalani TC guna mempersiapkan diri menuju FIBA Asia Cup 2021 Qualifiers Window II pada November mendatang. Dari ke-14 nama itu, Julian adalah yang termuda.

Meski begitu, pengalamannya tak boleh diremehkan. Ia adalah anggota skuad Honda DBL Indonesia All-Star yang berkesempatan terbang ke Amerika Serikat. Di sana ia menimba ilmu di Mamba Academy serta bertemu dengan pemain-pemain basket Amerika dengan kualitas yang sangat baik. 

Selain menjadi skuad Honda DBL Indonesia All-Star selama dua musim berkostum SMA Soverdi Tuban, siswa kelas XII SMA ini juga terpilih menjadi anggota Timnas U-17 dalam sebuah turnamen internasional pada tahun lalu.

"Waktu kemarin itu sempat dihubungi sama Alvin Indra. Katanya coach Toroman ingin bertemu aku. Eh nggak tahunya namaku tiba-tiba muncul di surat pemanggilan Timnas senior," ungkap Julian.

Pengalaman perdana bergabung dengan Timnas senior membuat Julian deg-degan. Di satu sisi ia juga antusias. Apalagi ia berkesempatan membela panji Merah Putih di event internasional.

Selama pandemi Covid-19 ini Julian tidak berhenti latihan. Bahkan Julian mengaku sedang mendalami posisi baru yang sangat beda dengan role-nya selama berlaga di Honda DBL maupun Timnas.

"Kemarin sempat latihan posisi guard di Merpati. Bareng dengan Brandon Jawato. Kadang juga ada Jamar Andre Johnson. Jadi selain main, juga belajar banyak dari mereka," ungkapnya.

Ia berharap pada tahun pertamanya membela Timnas Senior ini bisa memberikan yang terbaik bagi Indonesia. Pasalnya, kepercayaan yang diberikan ini merupakan salah satu mimpi yang sangat ia dambakan sejak pertama kali bermain basket.

"Dari dulu, aku pengen banget membanggakan Indonesia di kancah Internasional. Makanya, inilah momentumku buat unjuk gigi bahwa aku bisa dan layak bermain bersama para senior," tuturnya. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY