ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

James Michael dari SMA Marsudirin Bogor berhasil mencetak 137 poin setelah berhasil melakukan 112 gerakan figure eight dengan benar

Hari ini total ada lima challenge yang bisa kamu kerjakan di DBL Play Skills Competition. Salah satunya adalah figure eight. Challenge ini melatih ketangkasan tangan peserta untuk penguasaan bola dengan koordinasi gerak anggota badan atas, dan gerak anggota badan bawah.

Dengan level Easy, jika kamu bisa menyelesaikan 75 gerakan dengan benar untuk putra dan 50 gerakan untuk putri dalam waktu satu menit, kamu bisa mendaptkan 100 poin. Jumlah ini bisa lebih banyak kalau bisa lebih dari jumlah yang ditentukan. Nah biar bisa raih poin maksimal, perhatikan beberapa notes berikut ini.

1. Wajib Gunakan Bola Ukuran 6 atau 7

Dalam regulasi DBL Play Skills Competition, setiap challenge yang menggunakan bola wajib menggunakan bola ukuran 6 atau 7. Boleh bola rubber maupun bola kulit sintetis. penggunaan ukuran ini dikarenakan kedua bola ini merupakan standar bola dalam sebuah kompetisi.

 

2. Jangan Lupa Pemanasan

Selain dapat menghindarkan diri dari cedera, pemanasan akan membuat otot dari tubuhmu lebih siap melakukan gerakan basket. Terlebih dalam figure eight, hampir seluruh otot tubuhmu akan bergerak. Nah biar makin on fire, kamu bisa lakukan pemanasan ini.

 

3. Pehitungan akan Dimulai dari Kaki Kanan di Depan

Khusus untuk figure eight, start penilaian akan dimulai dari posisi kaki kanan di depan. Jadi, jika kamu melakukan start dengan posisi kaki kiri di depan, maka penilaian baru akan dimulai di gerakan setelahnya.

Ingat, kamu juga wajib melakukan scissor step ya. Kalau kamu melakukan figure eight tanpa melakukan gerakan kaki atau hanya diam ditempat maka tidak akan dinilai.

 

4. Bola Lepas Tidak Dihitung

Salah satu hal yang kerap terjadi saat melakukan figure eight adalah tangan tersangkut diantara cela kaki atau bola terlepas. Jika terjadi, maka gerakan tersebut tidak dihitung. Nah, bukan berarti perhitungan keseluruhan gagal ya. Hanya di momen tersangkut/bola lepas saja tidak dihitung. Nah, ketika kamu memulai lagi. Start penghitungan akan kembali dimulai dari posisi kaki kanan di depan.

 

5. Jangan Berhenti Sampai Waktu Selesai

Selama satu menit, kamu akan ditantang untuk menyelesaikan figure eight sesuai target yang ditentukan. Nah, sebisa mungkin untuk terus melakukan gerakan hingga waktu berakhir ya. Jangan karena sisa dua detik kamu memilih untuk berhenti. Soalnya dalam dua detik kamu bisa melakukan 3-4 gerakan figure eight loh. Kan sayang.

Ingat, jika kamu bisa menyelesaikan lebih dari target yang ditentukan, kamu bisa mendapatkan satu poiin bonus dari tiap gerakannya. Semangat! (*)

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY