ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

MAINMAIN

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Tajul Habib (14) tampil gahar dengan 11 poin untuk mengantarkan SMAN 1 Dompu melenggang ke semifinal (Dika Kawengian/DBL Indonesia)

SMAN 1 Dompu memakan korban lagi di DBL 2021 West Nusa Tenggara Series. Tim asuhan Frangky Laba Saba itu berhasil memupuskan harapan SMKN 4 Mataram untuk mencapai target ke final. Smansadom (julukan SMAN 1) berhasil keluar jadi pemenang usai pertarungan sengit selama 40 menit. Mereka menaklukan Quarto (julukan SMKN 4) dengan skor 33-25 dan memastikan satu tempat di semifinal.

Sebenarnya, di kuarter pertama Quarto lebih mendominasi pertandingan. Smansadom hampir dipaksa scoreless pada kuarter awal. Muhammad Irfan jadi momok menakutkan bagi lini pertahanan Smansadom. Pemain bernomor 11 itu membukukan 6 poin di babak pertama. Sampai under 30 detik Quarto leading 9-0 atas Smansadom.

Beruntung Muhammad Iqtaraa dapat mengeksekusi free throw dengan baik, meskipun mereka harus tertinggal 11-2 di akhir kuarter pertama. Memasuki babak kedua, Smansadom mulai bisa menyesuaikan pola permainan. Moh Apriadin memecah kebuntuan bagi tim untuk merubah skor menjadi 11-4. Namun, Quarto mencoba menyeimbangi keadaan.

Kembali Muhammad Irfan mencetuskan 4 poin untuk  membawa Quarto memimpin 15-4 atas Smansadom. Di 1 menit 30 detik akhir, Anugrah Bakti garda Smansadom membuka harapan untuk mengejar ketertinggalan. Usai time out, Anugrah berhasil mencetak dua angka bagi timnya. Melalui tembakan free throw, pemain kelas XII itu mengubah skor jadi 17-8, Smansadom masih tertinggal.

Baltazar Noerisqun (jersey merah) mencetak double-double 11 poin dan 16 rebound untuk SMKN 4 Mataram

Usaha para penggawa Smansadom untuk menggedor pertahanan lawan, semakin berbuah manis. Melalui perimeter shoot, dua angka tambahan berhasil dikemas oleh Anugrah, untuk memangkas ketertinggalan menjadi 17-12 dari Quarto di kuarter kedua. Smansadom makin memperlihatkan dominasinya. Salah satu big man merkea, Tajul Habibi memecah kebuntuan di kuarter ketiga.

Lewat under ring and one, pemain bernomor punggung 14 itu menipiskan skor menjadi 17-15. Poin dari Tajul langsung dijawab oleh skuad Quarto. Baltazar Noerisqun kembali menambah dua poin untuk menjauhi Smansadom skor sekarang 19-15 untuk Quarto. Skuad asal Kabupaten Dompu, itu tak menyerah. Mereka mencoba bermain dengan tenang untuk set play.

Serangan yang dibangun Anugrah Bakti membuahkan hasil. Dirinya memberikan no look pass pada Apriadin untuk dikonversi melalui lay up untuk mengubah skor menjadi imbang 19-19. Smansadom kembali dominan di lapangan. Coach Frangky memainkan dua big man sekaligus. Hasilnya begitu moncer. Apriadin yang merangsek ke paint area lawan, memberik passing ciamik.

Tajul Habib yang berada di bawah ring dengan gahar menuntask umpan tersebut dan membuat Smansadom unggul untuk pertama kalinya setelah terkurung dua kuarter. Keunggulan 21-19 menutup babak ketiga. Usai jeda, di kuarter penentu Smansadom turun dengan starting five-nya. Kali ini, Eka Bagus menambah dua angka untuk membawa Smansadom menjauh 23-19.

Hingga memasuki 50 detik terakhir, Smansadom terus menjaga asa dengan menambah 6 poin beruntun dari tiga pemain Smansadom. Yaitu Apriadin, Tajul Habib, dan ditutup oleh Muhammad Iqtaraa di 10 detik akhir pertandingan. Skor 33-25 milik Smansadom. Nantinya Anugrah Bakti dkk bakal berhadapan dengan SMAN 2 Mataram di semifinal. (*)

  RELATED ARTICLES
Comments (0)