ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Partai final putri DBL 2021 West Nusa Tenggara Series bakal berlangsung seru. Sebab kedua tim finalis sebenarnya kerap bertemu. Bahkan laga final kali ini bisa disebut "partai ulangan" semifinal DBL 2019.

Di DBL 2019 tim putri SMAN 1 Narmada pernah bertemu SMAN 5 Mataram di semifinal. Kala itu laga berjalan sengit. SMAN 5 Mataram ketika itu sempat unggul jauh di kuarter pertama, 14-8. Namun di kuarter kedua, SMAN 1 Narmada menyulitkan SMAN 5 Mataram. Akhirnya, SMAN 5 Mataram hanya bisa unggul satu bola dalam perolehan poin di kuarter kedua, 15-13.

Bahkan, di kuarter ketiga SMAN 1 Narmada yang berbalik unggul satu bola dalam perolehan poin, 8-10. Sayang, di kuarter terakhir SMAN 1 Narmada kehilangan konsentrasi hingga akhirnya mereka menyerah dengan skor akhir 50-40. 

Dari sisi statistik pertandingan semifinal 2019 itu, SMAN 5 Mataram memang sedikit lebih unggul. Mulai dari field goals, persentase 2 point hingga rebound. Namun yang patut diwaspadai SMAN 5 Mataram adalah akurasi free throws SMAN 1 Narmada. Dari 18 kesempatan free throws, kala itu SMAN 1 Narmada bisa mengeksekusi 10 atau 55,6 persen. Sedangkan SMAN 5 Mataram hanya 38,1 persen.

"Kami memang kalah musim lalu (musim 2019 karena musim 2020 tidak ada kompetisi). Tapi dari hasil pertandingan musim itu kami berlatih dan mengoreksi kesalahan-kesalahan," kata coach Hilman Azizi, pelatih SMAN 1 Narmada.

Coach Hilman punya modal khusus menghadapi SMAN 5 Mataram musim ini. Ia mengaku memahami karakter permainan lawannya karena komposisi tim SMAN 5 Mataram tidak banyak berubah.

"Saya masih awal tipe-tipe permainan anak-anak SMAN 5 Mataram. Selain itu saya juga mempelajari strategi mereka di DBL 2021 ini," ujarnya. Dari sana ia bisa memantau siapa saja yang wajib diwaspadai dan strategi apa yang harus disiapkan.

"Bagi kami ini pertandingan hidup mati. Tidak boleh ada kata menyerah sebelum laga benar-benar berakhir," imbuhnya. Musim ini, lanjut coach Hilman, timnya lebih banyak dihuni oleh pemain-pemain baru. Jadi, mereka pasti sangat termotivasi untuk bisa menjalani debut dengan sempurna.

Sementara itu, pelatih SMAN 5 Mataram coach Muhammad Syahriel juga mengaku paham karakter permainan lawannya. "SMAN 1 Narmada itu permainannya impresif sekali. Itu yang kami harus waspadai agar kami bisa kembali mengalahkan mereka," katanya.

Ia mengaku sudah jauh hari mempersiapkan timnya agar bisa maksimal dalam mengejar target juara. "Di kali ini saya juga telah mempersiapkan strategi baik dari segi offense maupun defense. Sejauh ini saya masih optimis 80 persen kami bisa mengawinkan gelar juara. Sebab inilah kesempatannya," ujar coach Syahriel.

Tim putra dan putri SMAN 5 Mataram memang sama-sama melangkah ke final DBL 2021 West Nusa Tenggara Series. Tim putra bakal menghadapi SMAN 2 Mataram. Sementara tim putri menghadapi pasukan coach Hilman, SMAN 1 Narmada.

"Khusus skuad putri saya menekankan ke mereka agar tetap konsentrasi sepanjang 40 menit waktu bersih," tegasnya. Sebab kehilangan konsentrasi itulah yang menjadi masalah tim putri SMAN 5 Mataram di final DBL 2019 silam. Ketika itu gelar juara sebenarnya sudah didepan mata, namun lepas dan direbut SMAN 1 Mataram.

Di partai final DBL 2019, SMAN 5 Mataram ditantang seteru abadinya, SMAN 1 Mataram. Gelar juara benar-benar sudah di depan mata. Sebab, SMAN 5 Mataram sempat unggul di dua kuarter paruh pertama. Di kuarter pertama, SMAN 5 Mataram unggul perolehan poin dari SMAN 1 Mataram, 9-5. Memasuki kuarter kedua, SMAN 5 Mataram kembali unggul perolehan poin 16-7.

Sayang, SMAN 5 kehilangan kendali di dua kuarter akhir. Mereka kalah perolehan poin 8-16 di kuarter ketiga. Lalu di kuarter akhir mereka juga kalah 17-23. Skor akhir pun tipis, hanya 50-51 untuk kemenangan SMAN 1. "Fokus, fokus, fokus. Itu kuncinya terutama di menit-menit akhir. Semoga anak-anak bisa menjalankan itu dan kami bisa mengakhiri puasa gelar juara," ujarnya.

Tim putri SMAN 5 Mataram memang cukup lama tak memegang trofi juara. Terakhir mereka merasakan euforia juara pada musim 2015.(*)

Baca juga: 

- Musim Terakhir, Stephannie Nandhika Ingin Akhiri Puasa Gelar Tim Putri Smala

Yunika Nirmala Tuntaskan Debut dengan Revans Sekaligus Akhiri Puasa Gelar Juara

Tonton final putri DBL 2021 West Nusa Tenggara Series antara SMAN 1 Narmada versus SMAN 5 Mataram di bawah ini!

 

Statistik pertemuan terakhir SMAN 1 Narmada versus SMAN 5 Mataram

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY