ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Anak basket (Abas) itu dikenal sama gayanya yang keren. Tapi kalau bau kaki, percuma deh. Nggak bakal ada yang mau deketin. Menurut survey polling di Instagram @dblindonesiaofficial, ternyata anak basket ini punya problem soal bau kaki loh.

Yaps, sebanyak 78 persen followers Instagram @dblindonesiaofficial suka mencium “bau khas” ini pas buka sepatu setelah latihan. Soal bau kaki ini sebenarnya ada hal lain yang bisa memicu kaki seseorang mengeluarkan bau nggak sedap loh. Paling nggak ada 6 hal yang bisa memicu bau kaki makin santer kerasa.

Pertama karena pakai sepatu yang sama setiap hari. Terus jarang ganti kaus kaki. Lalu, nggak cuci kaki dengan bersih. Adapula dikarenakan adanya perubahan hormon dalam tubuh. Stress berlebihan. Dan juga hyperhidrosis atau kondisi keringat berlebih. Tapi, tenang aja kalian bisa meminimalisir bau nggak sedap itu dengan melakukan 5 hal berikut ini, apa aja itu? Check this out!

1. Sering Ganti Kaus Kaki

Ini jadi hal penting yang utama. Sebab, faktanya bau kaki itu disebabkan oleh bakteri brevibacterium.  Dikutip dari howstuffworks, bakteri ini hidup di kaki dan suka memakan kulit mati yang kering.

Bakteri ini bisa tumbuh subur di lingkungan yang hangat dan lembab, seperti kaus kaki yang berkeringat. Nah, coba kalian rutin ganti kaus kaki setiap hari atau dua kali sehari. Apalagi kalau kaus kaki terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat.

2. Pilih Jenis Sepatu yang Tepat

Sepatu dengan banyak lubang atau sirkulasi dapat mengurangi kelembaban dari keringat kaki. Kalian, juga bisa coba pakai sepatu yang berbahan dasar mesh, biar kaki nggak begitu lembab.

3. Mengganti Insole

Nah, ini juga nggak kalah penting. Coba lakukan perawatan pada sepatu kalian. Misalnya, dengan mengganti insole sepatu kalian. Atau kalau nggak, kalian juga bisa semprotkan desinfektan ke dalam sepatu buat membunuh bakteri yang berkembang di tempat yang lembab.

4. Mengeksfolisasi Kaki

Perawatan pada tubuh bukan cuma soal skin care di wajah aja loh. Tapi, perawatan juga bisa kalian lakukan di bagian kaki. Yaitu dengan cara menggunakan scrub. Kalian juga bisa pakai batu apung, yang digosok ke kaki kalian buat mengangkat sel kulit mati di kaki kalian. Soalnya, bakteri senang memakan kulit mati yang nantinya bisa sebabkan bau pada kaki kalian.

5. Rendam Kaki di Air Garam

Selain scrub atau pakai batu apung. Kalian juga menghilangkan sel kulit mati di kaki, dengan cara merendam kaki kalian di air garam atau air cuka. Jangan lama-lama, cukup sekitar 10-20 menit saja, lalu keringkan kaki kalian. Eits, tapi kalau ada luka di kaki kalian, jangan lakukan hal ini ya! (*)

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY