ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

Banyak trick yang bisa kalian kuasai di permainan basket. Namun, hal itu bisa kalian pelajari, kalau kalian udah memahami fundamental basket. Di episode Tricky Trick lainnya, coach Dimaz Muharri dan coach Firman bakal mengulas soal next level dari gerakan crossover buat kalian ketika lagi menyerang.

Tujuannya adalah untuk mengecoh lawan, sampai bikin lawan kena ankle breaker! Gimana keren kann..?! Nah apa aja tricknya? Simak ulasannya berikut ini.

1. Allen Iverson Crossover

Salah satu pemain NBA kenamaan yang juga masuk Hall of Fame FIBA ini, Allen Iverson emang dikenal banget dengan gerakan tipuan ini. Untuk melakukan Iverson crossover, pertama kalian harus buka kaki seolah-olah ingin bergerak ke satu arah.

Ketika defender terkecoh, lakukan crossover dengan bergerak ke arah berlawanan, lanjutkan dengan attack basket lalu segera cetak poin. “Jangan lakukan crossover dengan hanya bergeser saja, tapi dorong ke depan untuk melewati defender,” ucap coach Firman.

2. Pro Crossover

Untuk gerakan crossover satu ini, kalian hanya bergerak ke satu sisi saja. Yang perlu dicatat adalah gerakan tangan saat dribble ini juga harus dibarengi dengan gerakan kaki buat melindungi bola dari hadangan lawan. “Saat defender coba recover kamu, gerakan bersamaan tangan dan kaki ini bertujuan untuk kamu melindungi bola untuk kamu lakukan attack basket,” cuap coach Dimaz.

3. Cross Jab

Ada dua gerakan kombinasi untuk melakukan gerakan ini. Yaitu dengan melakukan jab step dan crossover. Jab step ini udah lumrah banget di kalangan anak basket. Karena bisa buat membuat lawan terkecoh satu langkah dari kalian. Namun, untuk melakukan teknik ini, kalian kombinasikan gerakan jab step tersebut.

Pertama pastikan posisi kalian berjarak dengan defender. Setelahnya, lakukan crossover, sedikit hentakan jab step buat mengecoh lawan, lalu terobos ke dalam pertahanan buat finishing. “Ada lagi variasi lainnya, ketika lawan tak terkecoh, kamu bisa lakukan crossver kembali supaya lawan tak membaca gerakan kamu,” timpal coach Firman.

4. Dimaz Muharri Crossover

Sebagai mantan pemain profesional, coach Dimaz Muharri juga punya skill individu yang berbahaya. Nah salah satunya adalah untuk mengecoh lawan dengan crossover ini. Nggak jauh berbeda dari Cross Jab, buat melakukan gerakan ini, kalian tinggal menambahkan double jab step aja.

Jadi, ketika transisi dari defense ke offense dengan posisi defender berjarak dengan kalian, lakukan crossover sembari double jab step dengan hentakkan dua kaki langsung lakukan attack basket. “Saat transisi defender punya jarak, itu space  yang bagus buat saya lakukan crossover, double jab, crossover dan finishing,” imbuh coach Dimaz.

5. Body Fake with Dribble

Untuk gerakan satu ini, sangat tricky banget. Soalnya kalian harus bisa menipu gerakan dengan body movement kalian. Simpelnya gini, coba lakukan dengan menipu seolah gerakan kalian berubah arah. Ketika defender sudah tertipu, kalian harus lakukan attack basket menuju ring.

Hal yang perlu dicatat adalah harus ada body touch dengan defender, biar kalian punya jarak dengan pemain bertahan. “Gerakan ini juga harus switch hand, supaya defender terkecoh, body touch ini juga bertujuan buat mengurangi pressure defender ke kalian,” kata coach Dimaz. (*)

Biar bisa kalian praktekan langsung, boleh banget nih nonton video Tricky Trick ini selengkapnya di kanal YouTube DBL Play!

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY