ESG

DBL ACADEMY

JR DBL

MAINBASKET

SAC

HAPPY
WEDNESDAY

DISWAY

MAINSEPEDA

(source: Dayton Flyers)

Permainan bola basket pada dasarnya olahraga tim. Apapun yang terjadi di lapangan, harus ditanggung bersama. Termasuk ketika salah satu rekan satu tim jatuh saat berduel udara, maupun mendapat pelanggaran dari lawan. Jika kalian pernah perhatikan, pemain basket profesional di level NBA, kerap membantu kawannya ketika terjatuh di lapangan.

Hal itu nggak bisa dipandang begitu saja loh. Pemain sekelas Lebron James pernah menyatakan “Kapanpun kamu jatuh, tetaplah di tempat… temanmu akan datang menjemputmu,” katanya. Sikap ini merupakan bentuk kepedulian di dalam tim. Kelihatan sepele, namun bermakna begitu mendalam.

Dilansir dari basketballword.com, kepedulian membantu rekan setim yang jatuh, merupakan bukti kekompakkan dalam tim. Hal itu, menunjukkan kalau dalam sebuah tim, antar pemainnya begitu solid. Selain itu, para pemain NBA ini juga menunjukkan sportivitas dan persahabatan yang baik dalam dunia olahraga.

Don Kelbick, seorang profesional di bidang basket yang juga pelatih personal beberapa pemain NBA menyatakan, kalau membantu rekan setim yang jatuh di lapangan merupakan bentuk tanggung jawab terhadap tim.

“Dalam tim, para pemain harus bertanggung jawab satu sama lain. Jika seorang pemain bolos latihan, tim itu dihukum. Jika seorang pemain terlambat, tim itu dihukum. Begitupun dengan apa yang terjadi di lapangan,” cuapnya.

Selain itu, membantu rekan setim yang terjatuh di lapangan juga bisa membantu meningkatkan kemampuan rekan setim. Artinya, kalian sebagai teman setim, saling mendukung perkembangan skill individu tim. Di samping itu, hal itu juga sebagai bentuk sikap respect antar pemain di dalam tim kalian.

Dari penjelasan di atas, nyatanya hal yang kadang kita anggap sepele, juga bakal berpengaruh banyak pada keberlangsungan tim kita loh. Dengan membantu rekan setim yang jatuh, juga bisa membentuk chemistry, yang kerap digadang-gadang sebagai salah satu faktor keberhasilan sebuah tim meraih kemenangan.

Dengan begitu kepedulian antar pemain dalam tim ini akan terbentuk juga good communication dan good teamwork. Saling percaya dan peduli dengan teman setim sama saja menciptakan stronger teamwork. So, masih mau egois nih, nggak ngebantu teman yang terjatuh di lapangan? Pemain NBA aja saling bantu, masa kalian nggak sih. (*)

 

  RELATED ARTICLES
Comments (0)
PRESENTED BY
OFFICIAL PARTNERS
OFFICIAL SUPPLIER
SUPPORTING PARTNERS
MANAGED BY